Sukses

Lifestyle

Mengenal Glioblastoma, Kanker Otak Paling Ganas yang Wajib Diketahui

ringkasan

  • jenis tumor yang biasanya muncul di otak atau tulang belakang
  • lebih banyak menyerang pria

Fimela.com, Jakarta Setelah lama tidak terlihat, Agung Hercules hadir dengan kabar yang mengejutkan. Artis yang dikenal dengan tubuh kekarnya itu kini tubuhnya tidak lagi sekekar dulu. Seperti yang dilansir dari liputan6.com, Agung Hercules dikabarkan tengah berjuang menghadapi kanker glioblastoma stadium IV.

Bicara mengenai glioblastoma, ini merupakan salah satu dari empat tipe kanker glioma atau jenis tumor yang biasanya muncul di otak atau tulang belakang. Glioblastoma adalah tipe kanker otak paling ganas yang umumnya menyerang orang dewasa. Pertumbuhannya sel kankernya sangat agresif dan menyebar dengan cepat.

Mengutip laman WebMD, glioblastoma terbentuk dari sel-sel berbentuk bintang di otak yang disebut astrocytes. Pada orang dewasa, kanker ini bisanya muncul di bagian terbesar otak atau cerebrum.

Salah satu alasan pertumbuhan Glioblastoma begitu cepat karena kanker ini memiliki suplai darah sendiri. Sel-sel kanker ini sangat mudah menyerang jaringan otak normal.

Lebih Banyak Menyerang Pria

Masih melalui WebMD juga mencatat, glioblastoma bukanlah tipe kanker otak yang umum. Namun, umumnya kanker ini lebih banyak diderita oleh pria ketimbang wanita. Dan kemungkinan untuk mengidap kanker jenis ini akan bertambah dengan seiring bertambahnya usia.

Pertumbuhan dan persebaran kanker yang juga dikenal dengan sebutan glioblastoma multiforme ini begitu cepat dan bisa sangat sulit untuk diobati. Mengutip laman Mayoclinic, seringkali pengobatan jenis kanker ini menunjukkan kemajuan yang lambat.

Tanda-tanda kanker glioblastoma perlu diketahui, tentu saja agar kamu lebih peka terhadap penyakit ini.

  • Sakit kepala konstan
  • Kejang
  • Muntah
  • Kesulitan berpikir
  • Perubahan mood atau kepribadian
  • Pandangan berbayang atau kabur
  • Kesulitan bicara

Well, meskipun risiko tertinggi ada pada pria bukan berarti sebagai perempuan, kita tidak mewaspadainya. So, keep healthy Sahabat Fimela.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading