Sukses

Lifestyle

4 Tips Memasak Santan Agar Tidak Pecah

Fimela.com, Jakarta Santan mungkin menjadi bahan makanan yang mudah ditemukan di Indonesia sehingga tak heran jika banyak sekali masakan nusantara yang menggunakan santan sebagai bahan makanan. Ketika memasak makanan yang menggunakan santan, memang dibutuhkan trik khusus atau keahlian memerhatikan dengan seksama agar santan tidak pecah.

Bagaimana jika santan pecah, seperti apa itu dan megapa hal ini tak boleh terjadi? Santan pecah adalah ketika santan yang dimasukkan ke dalam masakan menjadi menggumpal dan konsistensinya tidak merata sehingga merusaka masakan. Ini yang bisa dilakukan agar santan tidak pecah.

1. Kecilkan api

Ketika akan menuangkan santan pada masakan yang mendidih, kecilkan dulu apinya dan tuang sekaligus. Cara ini membantu mengurangi suhu panas pada panci sehingga santan tidak mudah pecah.

Tips Santan Tak Pecah

2. Aduk terus

Setelha dituangkan, jangan lupa diaduk-aduk untuk meratakan suhu yang ada di dalam panci. Mangaduk secara berkala juga membantu menjaga konsistensi santan kental hingga masakan matang namun dengan rasa yang enak dan tampilan yang menarik.

3. Tuang santan yang encer lebih dulu

Jika menggunakan dua jenis santan, yaitu santan encer dan kental, tuang yang encer dulu. Setelah cukup panas atau mulai mendidih, tuang yang kental.

4. Gunakan santan instan

Jika ingin lebih praktis dan aman karena tak yakin bisa menjaga santan tidak pecah, pakai santan instan yang lebih stabil karena adanya tambahan bahan emulsifier. Hasil masakan juga tetap enak.

Itu dia sekian tips mencegah santan tidak pecah saat memasak. Memang butuh belajar saat memasak santan, namun hasilnya pasti tak akan mengecewakan Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading