3 Cara Menyikapi Konflik dalam Hubungan untuk Mendewasakan Kita

Endah Wijayanti19 Jun 2019, 11:45 WIB
konflik pernikahan

ringkasan

  • Gunakan Konflik sebagai Kesempatan untuk Tumbuh
  • Pikirkan Juga Perasaan Pasangan
  • Selalu Ambil Hikmah dari Masalah di Masa Lalu
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Konflik dalam sebuah hubungan menjadi bumbu tersendiri. Bila bisa ditangani dan disikapi dengan benar, konflik bisa membuat kita makin dewasa dalam hubungan. Mengingat ada konflik yang memang tak bisa dihindari, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berani menghadapinya.

Bagaimana cara menyikapi konflik dalam hubungan agar bisa mendewasakan masing-masing pribadi? Berikut sejumlah tips yang bisa dicoba. Demi keharmonisan dan kelanggengan sebuah hubungan, penting bagi kita tahu cara yang tepat dalam menghadapi konflik ini.

1. Gunakan Konflik sebagai Kesempatan untuk Tumbuh

Seperti yang dilansir dari divorcedmoms.com, konflik adalah peluang untuk menyelesaikan masalah. Sebaiknya kita tak menjadikan konflik sebagai peluang untuk membuktikan diri kita yang paling benar. Anggaplah konflik sebagai kesempatan untuk membangun ikatan yang lebih dalam. Dari sebuah konflik, kita akan lebih memahami masalah apa yang sedang terjadi dan mencari cara tepat untuk menyelesaikannya. Kita pun jadi bisa memahami pasangan kita lebih baik lagi dari caranya mengatasi konflik yang ada.

 

2. Pikirkan Juga Perasaan Pasangan

pasangan bertengkar
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Perasaan pasangan sama pentingnya dengan perasaan kita. Saat sedang bertengkar, umumnya kita bersikap defensif dan hanya memikirkan diri sendiri. Padahal penting juga untuk memikirkan perasaan pasangan. Perasaan pasangan kita sama pentingnya dengan perasaan pasangan kita. Jadikan konflik yang ada sebagai kesempatan untuk bisa lebih memahami perasaan pasangan kita dengan lebih baik.

3. Selalu Ambil Hikmah dari Masalah di Masa Lalu

Pertengkaran Suami Istri
Ilustrasi(iStockphoto)

Cobalah untuk lebih menekankan pentingnya tidak mengulang kesalahan yang sama. Bila konflik yang terjadi dipicu oleh masalah yang sama dengan yang pernah terjadi di masa lalu. coba telusuri lagi solusi dan jalan keluar yang dulu pernah diambil. Jangan sampai terjebak dalam lingkaran masalah yang sama karena hanya akan menahan kita untuk sulit bersikap lebih dewasa dalam hubungan.

Sebuah konflik bisa jadi media untuk mendewasakan pribadi masing-masing. Semoga dari setiap konflik yang berhasil dilalui dan diatasi, hubungan bisa makin kuat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓