Rajin Sikat Gigi Dapat Cegah Alzheimer, Menurut Penelitian!

Febi Anindya Kirana19 Jun 2019, 13:21 WIB
sikat gigi

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan gigi bisa dimulai sejak dini. Kebiasaan baik menggosok gigi akan menjadi bekal yang ternyata bukan hanya bisa menyelamatkanmu dari gigi berlubang dan sakit gigi, tapi lebih jauh lagi, mampu mencegah Alzheimer. Tak percaya kan?

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Bergen menemukan bahwa ada kaitan erat antara menjaga kesehatan gigi dengan mencegah penyakit Alzheimer. Para peneliti dari Norwegia ini menunjukkan bahwa penyakit gusi memegang peran besar terhadap berkembang tidaknya penyakit Alzheimer.

Piotr Mydel selaku peneliti, mengatakan, "Kami menemukan bukti berbasis DNA bahwa bakteri penyebab gingivitis dapat berpindah dari mulut ke otak." Bakteri ini akan menghasilkan protein yang menghancurkan sel-sel saraf di otak, yang pada akhirnya menyebabkan hilangnya memori dan munculnya Alzheimer.

Sikat Gigi Cegah Alzheimer

[Bintang] Ilustrasi Sikat Gigi
Jangan disepelekan, sederet masalah gigi ini nggak boleh kamu abaikan. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Untuk membasmi bakteri penyebab penyakit dan menjaga jumlah sehat bakteri di mulut, salah satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan rajin sikat gigi, dua kali sehari. Piotr Mydel mengatakan, menggosok gigi dan melakukan flossing gigi bisa jadi cara mencegah yang baik.

Meski demikian, ia juga menekankan bahwa bakteri bukan satu-satunya penyebab Alzheimer, tapi kehadiran bakteri semakin meningkatkan risiko munculnya Alzheimer. Jadi, jika ingin tetap sehat, selalu jaga kesehatan seluruh badan secara menyeluruh ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓