7 Tips Efektif Hilangkan Bau Amis di Tangan Setelah Mengolah Ikan

Febi Anindya Kirana19 Jun 2019, 17:16 WIB
ikan

Fimela.com, Jakarta Seringkali saat memotong, membersihkan atau mengolah ikan, tangan akan berbau amis bahkan setelah dicuci berulang kali dengan sabun. Bau amis ikan memang sangat menyengat dan tidak sedap dan alasan inilah yang seringkali membuat banyak orang malas memasak ikan.

Namun jangan biarkan hal kecil seperti ini mengganggumu untuk memasak ikan, karena ada banyak cara menghilangkan bau amis di tangan setelah mengolah ikan.

1. Garam

Garam akan membuat bau amis memudar dengan perlahan namun efektif jika hanya garam yang ada di dapur. Campurkan dengan jeruk nipis atau kayu manis untuk efek yang lebih baik.

2. Alkohol

Ambil alkohol dan kapas, tuang secukupnya ke kapas dan gosok-gosokkan ke tangan agar amisnya hilang.

3. Cuka

Rendam tangan yang amis ke dalam cuka secukupnya. Sesekali digosok agar amisnya cepat hilang, terutama di bagian sela-sela kuku.

Tips Menghilangkan Bau Amis

cuci tangan
ilustrasi mencuci tangan/copyright Pexels/Burst

4. Baking soda

Ambil 1 sdm baking soda dan beri sedikit air hingga jadi pasta, gosok merata ke tangan dan diamkan beberapa saat, baru bilas. Ulangi dengan mencuci tangan dengan sabun.

5. Daun kemangi, mint atau beluntas

Petik beberapa helai daun kemangi, remas-remas sambil meratakan ke seluruh permukaan tangan. Wangi daun kemangi akan menghilangkan amis. Bisa juga menggunakan daun mint atau beluntas.

6. Ampas kopi

Jangan buang ampas kopi hitam, ambil dan gosok-gosok di tangan yang amis. Biarkan beberapa detik agar aroma kopi meresap ke kulit, baru bilas. Jika perlu ulangi lagi dengan ampas kopi baru.

7. Margarin

Tak menyangka margarin bisa menghilangkan amis? Ambil secukupnya saja dan balurkan ke seluruh permukaan tangan sambil dipijat-pijat di sela-sela jari dan tangan. Setelha itu cuci bersih dengan sabun cuci piring.

Itu dia sekian cara menghilangkan bau amis setelah mengolah ikan. Semoga bermanfaat ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓