4 Alasan Mencintai Diri Sendiri Merupakan Salah Satu Kunci Bertahan Hidup

Endah Wijayanti20 Jun 2019, 09:59 WIB
mencintai diri sendiri

ringkasan

  • Mendapatkan Kepuasan dalam Hidup
  • Membentuk Gaya Hidup Sehat
  • Mampu Menerima Kenyataan yang Tak Sesuai Harapan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Apakah setiap kali bercermin kita selalu tersenyum? Sudahkah kita rutin berterima kasih dan menghargai diri sendiri? Atau malah jangan-jangan selama ini kita selalu membenci diri sendiri?

Mencintai diri sendiri itu ternyata penting. Bahkan bisa menjadi salah satu kunci untuk bertahan hidup. Mencintai diri sendiri bisa diartikan sebagai sikap untuk menghargai diri dan menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri. Dilansir dari healthymepa.com, ada tiga tipe mencintai diri sendiri, yaitu secara fisik (cara kita memandang penampilan kita), secara mental (cara kita menerima diri kita sendiri), dan secara psikologis (cara kita memperlakukan diri kita). Mencintai diri sendiri pun bakal butuh waktu. Tapi begitu kita berhasil melakukannya, kita bisa mendapat berbagai manfaat yang sangat membantu kita untuk bertahan hidup.

1. Mendapatkan Kepuasan dalam Hidup

Saat kita bisa mencintai diri kita sendiri, kita akan lebih ikhlas menerima diri kita seutuhnya. Bisa ikhlas menerima semua kenyataan yang ada. Mampu bertanggung jawab atas setiap tindakan yang dilakukan. Begitu kita menyadari bahwa kita punya kekuatan untuk mengendalikan beberapa aspek dalam kehidupan dengan baik, kita bisa merasa lebih puasa dalam hidup ini. Membuat kita lebih banyak bersyukur dan tidak gampang stres. 

2. Membentuk Gaya Hidup Sehat

Perlindungan Pertama Untuk Menjaga Pola Makan Sehat Saat Hangout Bareng Teman
Ilustrasi./Copyright Shutterstock

Dalam perjalanan mencintai diri sendiri, kita pasti ingin memberikan semua yang terbaik untuk tubuh kita, seperti tidur yang cukup, makanan dengan nutrisi lengkap, dan olahraga rutin. Mencintai diri sendiri dapat memberi kita motivasi untuk membangun gaya hidup yang lebih sehat. Hasilnya, hidup jadi terasa lebih menyenangkan dan penuh rasa percaya diri.

3. Mampu Menerima Kenyataan yang Tak Sesuai Harapan

Ilustrasi wanita karir
Ilustrasi./(foto: shutterstock)

Mencintai diri sendiri membuat kita tidak gampang stres saat menghadapi masalah atau kesulitan. Kita tak lagi terlalu sibuk membandingkan diri kita dengan orang lain. Semua kesulitan dan masalah yang ada akan kita hadapi dengan berani. Kita akan lebih positif serta lebih kreatif mencoba hal-hal baru.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

kepribadian
ilustrasi/Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Rasa percaya diri memiliki peran sangat penting dalam kesehatan mental kita. Begitu kita mulai lebih memperhatikan diri sendiri dan mencintai diri kita seutuhnya, kita akan merasa lebih percaya diri dengan suasana hati yang lebih baik. Tidak gampang cemas atau kesepian. Bisa menjalani hari-hari yang ada dengan perasaan yang lebih ringan.

Yuk, kita mulai berlatih mencintai diri sendiri. Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari belajar menerima diri kita seutuhnya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓