4 Masalah Keuangan Ini Rentan Sebabkan Perceraian

Ivana Okta21 Jun 2019, 12:15 WIB
pertengkaran

Fimela.com, Jakarta Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan kehidupan rumah tangga yang bahagia sampai maut yang memisahkan. Namun, karena satu hal dan yang lain pernikahan pun harus kandas. Ternyata dari sekian banyak penyebab perceraian, masalah keuangan menjadi salah satu isu yang sering sekali dijadikan gugatan cerai.

Meskipun dianggap sepele, masalah keuangan ini tabu bagi pasangan untuk dibicarakan. Nyatanya, masalah keuangan rentan dengan konflik yang terjadi bersama pasangan.

Berikut ini adalah empat masalah keuangan yang sering sekali menjadi penyebab perceraian.

Keuangan jadi isu yang sering sekali menyebabkan perceraian.

Bertengkar
Sebuah hubungan tak lepas dari pertengkaran/copyright: pexels.com/pixabay.com
  • Yang pertama adalah utang yang menumpuk. Ini selalu menjadi permasalahan yang pelik dalam suatu hubungan. Pastikan masalah ini beres dan tidak menjadi duri dalam pernikahanmu dengan pasangan. Sebelum menikah pun ada baiknya untuk mulai transparansi keuangan dengan si dia agar tak ada yang mengganjal saat nanti sudah berumah tangga.
  • Selanjutnya yang menjadi masalah dalam rumah tangga adalah sikap tertutup dengan jumlah pendapatan. Transparansi sangat penting dalam rumah tangga karena ini akan memudahkan kita dalam mengatur keuangan keluarga.
  • Isu ketiga adalah soal pendapatan suami yang lebih sedikit. Anggapan bahwa suami bertugas untuk memenuhi kebutuhan keuangan keluarga bisa menjadi beban dan konflik tersendiri. Pendapatan suami yang lebih kecil rentan menjadi penyebab pertengkaran. Entah istri yang kurang puas, atau suami yang minder karena istrinya lebih sukses. Untuk menghindari konflik ini harus ada sikap saling mengerti dan menghargai. Kehidupan setelah menikah harusnya berprinsip tidak ada gajimu atau gajiku yang adalah gaji bersama.
  • Last but not least, perbedaan tujuan finansial sering memicu pertengkaran. Maka dari itu sangat penting untuk mendiskusikan bersama pasangan sebelum memutuskan menikah.

Jangan anggap sepele masalah keuangan karena bisa jadi penyebab serius perceraian. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓