Basa-Basi yang Harus Dihindari Saat Bicara dengan Orang Baru

fitriandiani26 Jun 2019, 17:30 WIB
Ngumpul Bersama Teman

Fimela.com, Jakarta Budaya basa-basi kini bukan lagi jadi bridging yang menyenangkan untuk memulai keakraban. Beberapa kalimat kerap terlontar dengan intensi, atau dirasa memiliki intensi khusus oleh yang menerimanya. Sengaja atau tidak sebuah komunikasi dianggap gagal bila pesan yang disampaikan oleh komunikan tidak diterima dengan baik oleh komunikator.

Untuk menghindari kegagalan komunikasi, mungkin hal termudah yang bisa kita lakukan adalah memahami batas dan konteks pembicaraan. Hindari yang bersifat terlalu personal, apalagi kalau berbicara dengan orang yang baru dikenal atau tidak terlalu akrab denganmu.

Secara umum, inilah topik yang baiknya dijauhi jika kamu ingin memulai pembicaraan dengan seseorang baru, atau yang tidak terlalu dekat denganmu.

1. Tentang kehidupan pribadi

Pernikahan, keluarga, kehamilan, agama dan kepercayaan, merupakan topik yang amat harus dihindari. Bukan topik yang bagus untuk memulai pembicaraan, apalagi dengan orang yang baru dikenal. Sebab, pasti ada sekelumit kisah yang tidak kamu tahu di balik apa yang kamu lihat.

2. Tentang keuangan

teman 1
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/trung thanh

Kondisi keuangan seseorang merupakan ranah privasi, yang mana kepada teman akrab sekalipun tidak perlu dipertanyakan. "Ini dianggap tidak sopan untuk dipertanyakan, apalagi di pertemuan pertama," ujar Darlene Price, direktur sebuah perusahaan komunikasi sekaligus penulis, dikutip dari Independent.co.uk.

3. Tentang politik

Politik bisa jadi topik yang sangat sensitif sekarang ini. Alih-alih menemukan teman baru, kamu malah menambah musuh baru jika membuka pembicaraan dengan topik politik.

Lalu, harus bicara apa di pertemuan pertama dengan orang baru? Apapun yang tidak menyangkut diri satu sama lain sepertinya lebih baik! Film, seni, cuaca, cafe, lagu, musik, bisa kamu coba, tuh.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓