3 Tips Mengolah Petai Agar Tidak Bau Menyengat Saat Dimakan

Febi Anindya Kirana23 Jun 2019, 15:45 WIB
petai

Fimela.com, Jakarta Banyak orang tak mau makan dan sebisa mungkin menghindari petai, ada pula yang justru suka sekali dan setiap kali makan lalapan, sebisa mungkin ada petainya, mau dimasak dulu atau dimakan mentah. Setiap orang punya selera sendiri, namun satu hal yang pasti, bau petai lah yang seringkali menjadi alasan mengapa banyak orang sulit makan.

Padahal bau petai bisa dikurangi sehingga tidak begitu menyengat dan bisa dimakan tanpa khawatir baunya akan mengganggu teman sebelah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Jangan kupas kulit arinya

Banyak orang tak tahu jika kulit arinya yang berwarna putih membungkus petai sebenarnya adalah lapisan yang mampu mengurangi bau petai. Ketika mengupas dari kulitnya, usahakan jangan mengupas kulit putihnya. Goreng seeprti itu atau bisa dimakan begitu saja sebagai lalapan.

Tips Menghilangkan Bau Petai

Ini Dia Manfaat Petai bagi Kesehatan
Ini Dia Manfaat Petai bagi Kesehatan

2. Dibakar bersama kulitnya

Langsung membakar petai dengan kulitnya hingga menghitam juga bisa mengurangi bau petai yang menyengat. Bau petai justru akan lebih sedap jika dibakar bersama kulitnya dan dimakan selagi hangat.

3. Direbus hingga matang

Banyak yang menjadikan petai campuran masakan, merebusnya dulu sebentar hingga matang akan membantu membuang baunya yang tak sedap sehingga tidak membuat masakan tercium bau aneh. Jika ingin langsung memakannya juga tak masalah.

Itu dia tiga tips mengolah petai jika ingin mengurangi baunya yang menyengat dan tak sedap Sahabat Fimela. Meski bau tapi petai adalah makanan sehat lho!

Lanjutkan Membaca ↓