Cara Praktis Menghilangkan Minyak Membandel di Wajan

Mimi Rohmitriasih25 Jun 2019, 11:15 WIB
Minyak Goreng

Fimela.com, Jakarta Minyak goreng menjadi salah satu kebutuhan utama setiap orang yang hendak memasak. Bisa dipastikan bahwa minyak goreng selalu tersedia di dapur setiap orang. Untuk sekedar menumis atau menggoreng, minyak goreng memiliki peranan yang sangat penting di dapur kita.

Memasak dengan cara menggoreng atau menumis memang sangat menyenangkan. Kita pun bisa mendapatkan masakan yang super lezat dengan minyak goreng. Namun sayangnya, setelah selesai memasak dengan minyak goreng, tidak jarang kita mendapati wajan atau panci bekas memasak ternoda oleh minyak goreng.

Minyak yang menodai wajan bahkan akan membandel apalagi jika masakan yang dibuat mengandung lemak cukup banyak. Lalu, bagaimana cara membersihkan minyak yang membandel di wajan? Simak yang berikut ini.

Cara Menghilangkan Minyak di Wajan

Teflon
Wajan Teflon/copyright: unsplash/simon migaj
  1. Rendam wajan atau alat masak dengan air hangat. Cara ini akan membuat minyak dan lemak yang membandel bisa terangkat dengan mudah. Jika minyak sudah terangkat, itu akan memudahkan kita mencuci wajan atau alat masak yang ternoda minyak.
  2. Tambahkan bahan asam. Usahakan menambahkan bahan-bahan yang asam seperti air jeruk nipis, air lemon, soda dan air asam jawa ke dalam wajan. Bahan yang asam bisa mengangkat noda membandel karena minyak.
  3. Rendam dengan sabun cuci. Usahakan untuk merendam wajan atau alat masak dengan air sabun cuci piring. Rendam kira-kira selama 1 jam agar noda pada wajan lebih mudah terangkat.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan minyak membandel di wajan. Selain cara di atas, cara lain untuk meminimalisir noda minyak jadi membandel adalah segera cuci atau lap wajan setelah selesai digunakan masak. Segera mencuci noda pada alat masak dan alat makan akan memudahkan kita menghilangkan noda tersebut.

Semoga tips dapur ini bermanfaat ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓