Agar Olahan Ikan Air Tawar Tidak Pahit, Ikuti 3 Tipsnya!

Endah Wijayanti24 Jun 2019, 18:45 WIB
ikan air tawar

ringkasan

  • Bagian Empedu Jangan Sampai Pecah
  • Cuci dengan Air Mengalir
  • Bersihkan Bagian Insang
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ikan mujair, ikan gurame, ikan mas, dan berbagai jenis ikan air tawar bisa diolah jadi hidangan yang lezat. Tapi akan runyam jadinya jika kita tidak mengikuti prosedur yang tepat dalam mengolahnya. Karena jika salah membersihkan atau mengolahnya, ikan akan terasa pahit.

Agar tidak salah mengolah, ada sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba. Berikut tiga tips penting yang paling dasar yang perlu dilakukan agar ikan air tawar tidak pahit. Langsung simak di sini, ya.

1. Bagian Empedu Jangan Sampai Pecah

Dalam proses pembersihan ikan, pastikan bagian empedunya tidak pecah. Cuci bersih ikan dengan air dignin. Kemudian bersihkan sisik, sirip, dan potonan bagian ekor ikan. Saat membersihkan dan mengeluarkan isi perut ikan, kita harus hati-hati jangan sampai empedu tergores pisau dan pecah. Bila bagian empedunya pecah, nantinya ikan akan terasa pahit saat dimasak atau diolah.

2. Cuci dengan Air Mengalir

Dalam proses pembersihan ikan, gunakan air mengalir seperti air keran. Dengan air mengalir, semua kotoran bisa lebih mudah hilang. Bila hanya mencelupkan air ke dalam baskom berisi air nantinya kotoran malah akan kembali larut dan masuk ke dalam daging ikan. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan air mengalir dalam proses pembersihan ikan.

3. Bersihkan Bagian Insang

Bagian insang ikan perlu dibersihkan. Jika memungkinkan, bagian insang bisa dibuang agar ikan tidak pahit saat diolah. Apalagi jika kita berencana untuk membekukan ikan dalam freezer, maka kita perlu membuang bagian isi perut ikan dan juga insangnya. 

Itu tadi tiga tips mudah yang bisa dicoba untuk membuat olahan ikan air tawar yang bebas rasa pahit. Semoga infonya bermanfat dan bisa membuatmu lebih percaya diri dalam membuat olahan ikan air tawar yang lezat.

 

 

#GrowFearless with FIMELA