Sukses

Lifestyle

5 Camilan Lezat Berbahan Dasar Ubi, Favoritmu yang Mana?

Fimela.com, Jakarta Ubi merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat nan menggugah selera. Dimasak dengan cara digoreng, dikukus atau dibuat menjadi kue dan puding, sepertinya ubi selalu memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

Tak hanya enak, ubi juga merupakan bahan makanan dengan kandungan nutrisi serta vitamin yang sangat baik buat tubuh.

Ada beragam makanan atau camilan yang bisa dibuat dengan bahan dasar ubi. Penasaran camilan apa saja? Simak yang berikut ini.

Camilan dari Ubi

Kolak Ubi

Camilan pertama ada kolak ubi. Untuk membuat kolak ubi, kita cukup membuat kolak seperti kolak lainnya. Rebus ubi hingga empuk bersama gula kemudian tambahkan santan dan vanila agar rasa serta aromanya makin menggugah selera.

Timus Ubi

Timus ubi merupakan camilan yang dimasak dengan digoreng dengan bahan dasar ubi. Rebus atau kukus ubi hingga empuk dan matang kemudian haluskan. Campur dengan gula halus dan tepung terigu secukupnya, cetak timus bulat-bulat lonjong kemudian goreng hingga matang.

Bingka Ubi

Bingka merupakan kue tradisional khas Banjar. Bahan utama bingka adalah gula, tepung, santan dan telur. Jika ingin membuat bingka ubi, kita cukup menambahkan ubi yang telah dikukus dan dihaluskan. Bingka dimasak dengan cara dipanggang di atas loyang hingga matang. Bingka memiliki rasa manis, gurih dan menggugah selera.

Donat Ubi

Ubi juga bisa dikreasikan menjadi donat. Tak hanya kentang yang bisa diolah menjadi donat, ubi pun bisa diolah menjadi donat. Tak hanya enak, donat ubi pasti menarik semua orang terutama anak-anak. Apalagi jika donat ubi ini menggunakan ubi ungu yang memiliki warna menarik.

Ubi Goreng

Camilan paling sederhana namun enaknya juara dan terbuat dari ubi adalah ubi goreng. Kita cukup memotong ubi sesuai selera, masukkan ke dalam adonan tepung dan goreng hingga matang serta empuk.

Itulah beberapa camilan yang bisa dibuat dengan bahan dasar ubi. Selain camilan di atas, masih ada banyak camilan lainnya yang juga bisa dibuat dengan ubi. Camilan itu adalah stik ubi, bola-bola ubi, ubi kukus, roti kukus ubi dan lainnya.

Dari sekian banyak camilan yang ada, camilan apa yang paling favorit buatmu?

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading