4 Cara Cerdas agar tidak Menangis Saat Memotong Bawang

Mimi Rohmitriasih27 Jun 2019, 09:45 WIB
Potong Bawang

Fimela.com, Jakarta Bawang menjadi salah satu bumbu masakan yang harus selalu ada di rumah. Bawang juga menjadi salah satu bumbu masakan yang selalu dipakai ketika memasak. Rasanya, hampir tidak ada masakan yang tidak memakai bawang di dalamnya.

Bicara mengenai bawang, apakah Sahabat Fimela termasuk sebagai seseorang yang suka menangis saat memotong bawang? Senyawa yang ada di dalam bawang memang sering kali membuat kita menangis saat memotong bawang.

Lalu, bagaimana caranya agar saat memotong bawang kita tidak menangis? Melansir dari laman resepkoki.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita tidak menangis saat memotong bawang. Berikut caranya.

Cara Memotong Bawang

bawang merah
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Oleskan Air Lemon di Pisau

Cara pertama adalah mengoleskan air lemon di pisau untuk memotong bawang. Beberapa orang percaya cara ini bisa menurunkan risiko senyawa pada bawang menguap dan membuat mata pedas.

Merendam Bawang

Usahakan untuk merendam bawang terlebih dahulu sebelum dipotong. Potong juga kedua ujung bawang. Cara ini bisa menurunkan risiko kita menangis saat memotong bawang.

Meletakkan Garam di Dekatmu

Letakkan sedikit garam di dekatmu saat memotong bawang. Garam berfungsi menjadi penetral uap bawang yang berisiko mengenai mata Sahabat Fimela hingga membuat mata pedas.

Mengunyah Permen Karet

Cara selanjutnya adalah potonglah bawang sambil mengunyah permen karet. Dengan mengunyah permen karet, ini akan membuat otot wajah dan mata bergerak dengan lebih baik. Jika sudah begitu, ini bisa menurunkan risiko menangis saat memotong bawang.

Itulah beberapa mudah untuk mencegah risiko menangis saat memotong bawang. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓