Cara Memasak Sup Ikan yang Super Enak Anti Amis

Mimi Rohmitriasih30 Jun 2019, 08:20 WIB
Sup Ikan

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang disukai oleh semua orang. Ikan memiliki rasa yang super enak dan pastinya kaya manfaat buat kesehatan tubuh.

Ikan sendiri merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan menggugah selera. Salah satu masakannya adalah sup ikan. Rasa sup ikan yang gurih, ditambahkan kuah sup yang segar dan tekstur ikan yang lembut, siapa sih yang bisa menolak kelezatan sup ikan?

Bicara mengenai sup ikan, kira-kira bagaimana cara membuat suap ikan yang enak dan anti amis? Apa yang harus diperhatikan saat membuat sup ikan di rumah dengan rasa seenak sup ikan restoran?

Cara Memasak Sup Ikan Anti Amis

tenggiri
ilustrasi sup ikan/copyright Shutterstock

Memilih Ikan

Pastikan untuk memilih jenis ikan yang memang cocok dijadikan sup ikan. Ikan mujair, ikan patin, ikan gurame dan ikan air tawar lainnya lebih cocok dijadikan sup ikan. Usahakan untuk memilih ikan yang masih segar dan kualitasnya bagus. Ikan yang masih segar dagingnya masih kenyal, matanya bening warna insangnya masih merah segar.

Bersihkan Ikan

Usahakan untuk membersihkan ikan dengan baik dan sampai ikan benar-benar bersih. Jangan sampai ada sisa kotoran di perut ikan atau bagian tubuh ikan lainnya. Buang isi perut ikan, bersihkan sisiknya dan buang insangnya.

Lumuri Ikan dengan Air Jeruk Nipis

Melumuri ikan dengan air jeruk nipis bisa membuat bau amis ikan berkurang. Setelah ikan dicuci bersih, lumuri tubuh ikan dengan air jeruk nipis. Diamkan beberapa saat sebelum ikan dimasak.

Pemilihan Bumbu

Pilih bumbu rempah yang masih segar. Saat memasak, pastikan juga untuk menggunakan bumbu rempah yang melimpah. Jahe, lengkuas, daun jeruk, batang serai dan daun salam sebaiknya tidak terlewatkan saat memasak sup ikan.

Masukkan Ikan Setelah Bumbu Matang

Masukkan daging ikan setelah bumbu matang dan air mendidih. Masak ikan sebentar saja karena daging ikan segera matang meski dimasak di waktu yang sangat sebentar. Memasukkan ikan setelah bumbu matang bertujuan membuat bau amis ikan tidak terlalu parah.

Itulah beberapa cara untuk memasak sup ikan agar lebih enak dan tidak amis. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan semoga bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓