Menurut Psikolog, Anak Tengah Cocok Berjodoh dengan Anak Bungsu

Endah Wijayanti27 Jun 2019, 08:15 WIB
anak tengah dan bungsu

Fimela.com, Jakarta Pernahkah terpikir untuk mempertimbangkan urutan lahir dalam mencari jodoh? Mencari pasangan hidup memang perlu pertimbangan yang matang. Karakter dan kepribadian pun jadi poin penting yang perlu diketahui. Seringkali kepribadian itu juga dipengaruhi oleh urutan lahir.

Ada paparan yang menarik dari psikolog sekaligus penulis buku The New Birth Order Book: Why You are the Way You are, Kevin Leman. Dilansir dari businessinsider.com, Kevin Leman mengungkapkan bahwa anak tengah cocok berjodoh dengan anak bungsu. Wah, kira-kira apa alasannya, ya?

Leman menjelaskan bahwa anak tengah punya kecenderungan rela berkorban. Sementara anak bungsu seringkali dikenal mudah bersosialisasi dan membaur. Dalam sebuah hubungan, anak tengah dan anak bungsu bisa menjalin komunkasi yang baik. Sebab anak tengah tidak merasa "terancam" oleh anak bungsu sehingga untuk urusan komunikasi tidak terlalu terasa menyulitkan.

Bila kita berada dalam hubungan anak tengah dan anak bungsu, bisa lebih mengoptimalkan membangun komunikasi yang lebih baik supaya keharmonisan hubungan bisa terus terjaga. Hanya saja yang perlu diwaspadai anak tengah terkadan bisa merasa rendah diri jadi perlu lebih dimengerti. Sedangkan anak bungsu ada kalanya cukup egois dan terlalu banyak menuntut. Untuk menjembatani tantangan tersebut adalah hindari saling menertawakan kekurangan atau kelemahan masing-masing pasangan.

Setiap hubungan pasti punya keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Memang ada pengaruh urutan lahir pada karakter kita dalam sebuah hubungan. Tapi kita selalu punya kendali untuk mengusahakan yang terbaik demi terwujudnya hubungan yang harmonis dan langgeng, bukankah begitu?

#GrowFearless with FIMELA