Menjalin Hubungan dengan Sesama Anak Bungsu, Waspadai Hal Ini

Endah Wijayanti30 Jun 2019, 11:15 WIB
Diperbarui 30 Jun 2019, 11:15 WIB
jodoh anak bungsu

Fimela.com, Jakarta Cerita cinta dan jodoh bisa memiliki misteri dan keunikannya sendiri. Kadang kita tak pernah menyangka bisa cocok dengan seseorang yang tak pernah kita duga sebelumnya. Tapi kalau kita anak bungsu lalu memiliki pasangan juga sama-sama anak bungsu di keluarganya, ada tantangan yang perlu diatasi demi keharmonisan hubungan.

Menurut Kevin Leman di buku The New Birth Order Book: Why You are the Way You are seperti yang dilansir dari businessinsider.com, anak bungsu punya kecenderungan melempar tanggung jawab. Bila dalam sebuah hubungan, pasangan sama-sama anak bungsu dalam keluarganya besar kemungkinan mereka akan saling menyalahkan atas segala sesuatu. Hubungan pun bisa diwarnai berbagai konflik bila perilaku tersebut tidak dikontrol dengan baik.

Menjalin hubungan dengan sesama anak bungsu akan sangat rentan diwarnai masalah keuangan. Hal-hal yang berkaitan dengan uang bisa memicu konflik yang cukup berat dalam hubungan. Penting untuk bisa membagi peran dengan baik dan membuat pilihan-pilihan tegas yang disepakati bersama agar tidak saling menyalahkan atau melempar tanggung jawab.Lalu apa solusi terbaik yang bisa dipilih agar hubungan dengan sesama anak bungsu bisa berjalan lancar? Leman menyarankan untuk memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. Jangan sampai saling memanipulasi satu sama lain. Hindari sikap defensif dan berusaha untuk saling menerima satu sama lain.

Memiliki dan menjaga selera humor juga perlu dilakukan untuk membuat hubungan tetap terasa nyaman. Kalau sudah jodoh dan merasa cocok satu sama lain, sebuah hubungan selalu bisa diusahakan untuk bisa tetap berlangsung harmonis. Konflik dalam sebuah hubungan akan selalu ada, tinggal bagaimana cara kita untuk lebih dewasa menemukan solusi dan jalan keluarnya.

 

#GrowFearless with FIMELA