Sukses

Lifestyle

4 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tak Dicuci Sebelum Dimasak

Fimela.com, Jakarta Agar bahan makanan yang hendak dimasak lebih bersih, sehat dan pastinya jauh dari berbagai bakteri, sangat disarankan bagi kita untuk mencuci bahan makanan tersebut sebelumnya. Sayur dan buah perlu dicuci agar lebih bersih dan jauh dari risiko adanya sisa pestisida di dalamnya.

Meski sebagian besar bahan makanan sangat disarankan untuk dicuci sebelum dimasak, beberapa bahan makanan lainnya sebaiknya justru tidak dicuci. Tidak mencuci beberapa makanan ini bertujuan agar bakteri pada bahan makanan tidak bertambah banyak. Ini juga agar kualiatas bahan makanan tersebut tetap baik.

Melansir dari laman Liputan6.com, berikut beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci sebelum dimasak.

Produk Daging dan Unggas

Produk Daging

Daging sapi, kambing, kerbau atau sejenisnya sebaiknya tidak dicuci sebelum dimasak. Mencuci daging sebelum dimasak dikhawatirkan membuat bakteri di daging menyebar ke tempat cucian dapurmu. Daging yang dicuci juga akan mengalami kelembaban berlebih sehingga rasa juga teksturnya kurang berkualitas.

Produk Unggas

Sama dengan produk daging, produk unggas seperti daging ayam, daging bebek, daging angsa dan sejenisnya sebaiknya juga tidak dicuci sebelum dimasak. Produk unggas sebenarnya mengandung banyak bakteri yang jika dicuci bakteri tersebut bisa menyebar ke tempat cucian bahkan ke bahan makanan lain seperti sayur dan buah di dapurmu.

Ikan dan Jamur

Ikan

Beberapa ahli menyarankan agar kita tidak mencuci ikan sebelum dimasak. Sama dengan produk unggas dan produk daging, ikan dikhawatirkan mengandung bakteri yang jika dicuci bisa membuat bakteri tersebut menyebar.

Jamur

Jamur juga merupakan bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci. Jamur yang dicuci justri akan mengalami peningkatan kelembaban yang bisa saja membuat rasa serta aroma jamur tak seenak sebelumnya setelah dimasak. Untuk mendapatkan rasa jamur yang menggugah selera, sebaiknya jamur dibersihkan bagian akarnya saja dan langsung dimasak.

Itulah beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci dulu sebelum dimasak. Saran ini bahkan sangat disarankan untuk bahan makanan kemasan yang tinggal masak. Kalau pun ingin mencuci bahan makanan ini, sebaiknya proses mencucinya tidak terlalu berlebihan.

Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, makin semangat memasak sendiri di dapur Sahabat Fimela.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading