Cara Mengungkep Daging Ayam Agar Empuk dan Bumbu Meresap

Mimi Rohmitriasih02 Jul 2019, 09:42 WIB
Masak ayam

Fimela.com, Jakarta Daging ayam menjadi salah satu bahan makanan idola hampir semua orang. Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Daging ayam juga memiliki harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan daging sapi atau kambing.

Bagi Sahabat Fimela yang sering masak daging ayam, kali ini Fimela punya cara praktis memasak ungkep daging ayam agar lebih empuk dan matang sempurna serta bumbunya meresap ke dalam daging dengan baik. Penasaran seperti apa caranya?

Berikut cara mengungkep daging ayam agar empuk dan bumbu meresap dengan baik.

Cara Mengungkep Daging Ayam

Ayam
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Beli daging ayam yang masih segar dan berkualitas bagus. Potong-potong daging ayam sesuai selera.
  2. Siapkan bumbu yang telah dihaluskan. Usahakan agar bumbu juga dibuat dari bahan yang masih segar dan porsinya cukup banyak. Untuk memasak masakan yang enak, sebaiknya kita tidak menggunakan bumbu setengah-setengah.
  3. Masak bumbu yang telah dihaluskan dengan cara ditumis hingga harum kemudian tambahkan sedikit air. Masukkan daging ayam ke dalam bumbu dan aduk rata.
  4. Ungkep daging ayam bersama bumbu dengan api kecil saja sambil ditutup panci atau wajannya.
  5. Perhatikan waktu buat mengungkep daging ayam. Biasanya, semakin lama waktu mengungkepnya, semakin meresap bumbu ke dalam daging dan semakin matang atau empuk daging ayamnya.
  6. Setelah daging ayam ungkep matang, segera matikan kompor. Daging ayam yang telah matang bisa segera dinikmati atau dimasak lagi dengan cara digoreng sesuai dengan bumbu yang dimasukkan ke dalamnya.

Itulah cara memasak ayam ungkep agar lebih empuk dan bumbu meresap dengan baik. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓