Tips Mencegah dan Mengobati Penyakit Hepatitis A

Mimi Rohmitriasih02 Jul 2019, 12:28 WIB
hepatitis A

Fimela.com, Jakarta Sejak beberapa hari terakhir, wabah hepatitis A menjadi perhatian khusus masyarakat dan pemerintah Indonesia. Banyaknya penderita hepatitis di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur telah membuat pemerintah menetapkannya sebagai KLB atau Kejadian Luar Biasa.

Hepatitis A merupakan penyakit hepatitis atau peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Virus ini umumnya menyebar lewat makanan atau minuman yang kurang terjangkau kebersihannya. Hepatitis A sangat mudah menular sehingga harus diwaspadai dengan baik.

Meski penyakit ini bisa sembuh dengan cepat dan tidak menyebabkan komplikasi penyakit yang mematikan atau kerusakan organ hati jangka panjang, setiap orang tetap harus mencegah penyebarannya dan mengobati dengan cepat penderita hepatitis A. Melansir dari laman alodokter.com, ada beberapa tips untuk mencegah dan mengobati hepatitis A.

Mencegah Hepatitis A

pengobatan hepatitis A
Mencegah hepatitis A./Copyright shutterstock.com

Pencegahan terhadap virus hepatitis A bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup lebih sehat. Cuci tangan dan kaki setiap kali ke luar rumah apalagi jika kontak langsung dengan orang yang menderita hepatitis A. Masak segala jenis masakan sampai benar-benar matang. Makanan atau masakan yang mentah dipercaya meningkatkan risiko hepatitis A.

Pastikan untuk menjaga lingkungan rumah dan sekitar agar senantiasa bersih. Miliki juga air bersih yang cukup. Kekeringan dan ketersediaan air bersih yang kurang digadang-gadang mampu meningkatkan penyebaran virus hepatitis A dengan cepat.

Mengobati Hepatitis A

Mual Hilang Seketika dengan 4 Cara Ini
Mengobati hepatitis A (Foto: unsplash.com)

Para ahli mengungkapkan jika hepatitis A bisa sembuh dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh penderita akan membasmi virus tersebut dengan baik. Bagi penderita hepatitis A sebaiknya menjaga lagi pola makannya, memiliki istirahat cukup dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan lebih baik lagi.

Hindari dulu makanan yang kemungkinan besar meningkatkan risiko penyakit hepatitis seperti sayur mentah, buah mentah dan makanan lain yang terkontaminasi virus ini. Rebus air hingga benar-benar mendidih sebelum mengonsumsinya. Lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat dan mintalah obat darinya.

Itulah tips mencegah dan mengobati risiko hepatitis A. Yuk Sahabat Fimela, lebih menjaga kebersihan diri dan lingkungan lagi agar terhindar dari risiko penyakit ini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓