Sukses

Lifestyle

Ulasan: Jurnal Ph.D. Mama - Kanti Pertiwi, dkk

Fimela.com, Jakarta Judul: Jurnal Ph.D. Mama

Penulis: Kanti Pertiwi, dkk.

Desain sampul: Orkha Creative

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

"Tiap-tiap kalimat yang dirangkai menjadi cerita dalam buku ini diharap dapat menjadi pemicu bagi mereka untuk tak ragu melukis mimpi-mimpi besarnya, apa pun itu, di bidang pilihan mereka."

***

Seorang perempuan itu luar biasa. Setiap perempuan pun memiliki kesempatan besar untuk meraih mimpi-mimpinya. Seperti mimpi untuk meraih gelar Ph.D. Menjalani peran sebagai mahasiswa Ph.D yang tidak terlepas dari tanggung jawab menjadi seorang istri dan ibu mungkin tak mudah. Tapi bukan berarti mustahil dilakukan. Seperti kisah-kisah dalam buku Jurnal Ph.D. Mama ini.

Jurnal Ph.D. Mama terdiri atas lima bab, antara lain:

1. Melukis Mimpi di Titik Nol

2. Tanjakan Pertama: Admisi dan Beasiswa

3. Ph.D. Itu Pelik! Titik!

4. Suara Para Suami

5. Seribu Warna Perjalanan Ph.D. dan Sejuta Akal Ph.D Mama

Masing-masing bab berisi kisah para perempuan Indonesia dalam perjuangan meraih gelar Ph.D. Berbagai tantangan harus dihadapi. Tak hanya sekadar bermimpi untuk bisa sekolah tinggi. Lebih dari itu, masing-masing perempuan selalu punya tantangannya sendiri untuk ditaklukkan. Hambatan demi hambatan pun tak mudah dihadapi tapi dari setiap kesulitan selalu memberi pelajaran hidup yang berharga.

Membuat pilihan untuk berkomitmen meraih gelar Ph.D. seringkali tak mudah. Pendapat orangtua, suami, serta anak-anak turut andil di dalamnya. Ada kisah perjuangan bagaimana seorang perempuan yang dibesarkan dengan sudut pandang bahwa perempuan tak usah sekolah tinggi-tinggi tapi dia membutikan perjuangannya yang luar biasa meraih gelar Ph.D. Ada juga yang harus menunda studi S3 demi membesarkan buah hati yang masih  berada di usia emas. Ada juga proses negosiasi panjang untuk bisa melanjutkan studi S3. Berbagai lika-liku merintis perjalanan studi S3 serta segala hal yang terjadi di dalamnya dipaparkan dalam sejumlah kisah yang sangat inspiratif.

Selain kisah para perempuan hebat, terselip juga cerita dari para suami yang mendampingi istri. Dalam bab Suara Para Suami, ada kisah yang berkaitan dengan pentingnya peran suami dalam mendukung istrinya. Melepas karier yang sudah mapan demi istri tercinta dan yakin bahwa rezeki sudah ada yang mengatur semuanya menjadi salah satu kisah yang juga inspiratif di buku ini. Tak bisa dipungkiri bahwa dukungan orang terdekat memegang peranan yang tak kalah penting dalam perjuangan seorang perempuan mencapai impian besarnya.

Setiap kisah di buku ini benar-benar membawa pesan yang luar biasa. Rasanya tak bisa membuat kita berhenti berdecak kagum dalam setiap perjuangan yang dilalui para perempuan Indonesia meraih gelar Ph.D. Membuat kita kembali termotivasi untuk meraih impian-impian besar yang mungkin selama ini sudah kita lupakan.

Menjalani studi S3 dan diterpa ujian hidup yang begitu berat pastinya tak mudah. Dalam buku ini ada kisah beberapa perempuan yang harus berjuang mengatasi ujian terkait kondisi kesehatannya sendiri (bergulat dengan endometriosis hingga ada yang divonis mengidap kanker payudara saat harus menyelesaikan disertasinya), ujian kehilangan buah hati, menjalani peran sebagai ibu dari anak-anak yang spesial, dan pengalaman memboyong keluarga serta bertahan hidup bersama keluarga di perantauan sambil menjalankan berbagai usaha.

Perempuan Indonesia luar biasa. Meraih gelar Ph.D. di tengah berbagai ujian dan hambatan yang ada bukanlah hal mustahil untuk dilakukan. Jurnal Ph.D. Mama benar-benar buku yang inspiratif. Setiap perempuan bisa bersinar di bidangnya masing-masing dengan semangat dan komitmen besar menaklukkan setiap tantangan yang ada. 

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading