5 Hal Penting yang Harus Dibahas Pengantin Baru agar Akur Tinggal Serumah

Endah Wijayanti03 Jul 2019, 17:15 WIB
tinggal serumah

ringkasan

  • Jadwal Mandi
  • Urusan Uang
  • Tamu yang Diundang ke Rumah
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tinggal serumah sebagai suami istri setelah menikah, ada banyak penyesuaian yang perlu dilakukan. Bila sebelumnya kita cenderung melakukan segalanya dengan kebutuhan dan prioritas kita, kini kita juga perlu menyesuaikan semaunya dengan kebutuhan pasangan. Menjadi pengantin baru adalah awal fase kehidupan baru yang memiliki tantangannya sendiri.

Ada sejumlah penting yang perlu dibahas sebagai pengantin baru agar bisa akur tinggal serumah. Nggak mau kan kalau setiap hari selalu bertengkar karena kesalahpahaman? Setidaknya ada lima hal penting dan paling mendasar ini yang perlu dibahas bersama suami bila ingin sama-sama merasa nyaman.

1. Jadwal Mandi

Yap, urusan mandi ini mungkin tampak sepele. Tapi penting untuk dikomunikasikan. Sebab jadwal mandi ini juga bisa berkaitan erat dengan aktivitas dan rutinitas harian yang dijalani. Bila kita dan pasangan sama-sama harus berangkat pagi untuk bekerja, maka perlu disesuaikan jadwalnya agar tidak terlambat ke kantor. Kebiasaan mandi pun perlu dibicarakan bersama supaya bisa sama-sama nyaman berada di rumah.

2. Urusan Uang

Merahasiakan sesuatu yang berkaitan dengan uang hanya akan memicu konflik di kemudian hari. Perkara uang dan penghasilan perlu dibicarakan secara terbuka. Bila sama-sama bekerja, putuskan apakah perlu membuat rekening bersama atau investasi bersama. Segala hal yang berkaitan dengan finansial perlu dibicarakan dengan komnikasi yang terbuka satu sama lain.

 

3. Tamu yang Diundang ke Rumah

Ilustrasi pasangan
llustrasi.

Urusan tamu juga perlu dibahas bersama. Kita juga perlu terbuka siapa saja orang yang mungkin akan kita undang ke rumah. Selalu buat kesepakatan dan kompromi soal tamu-tamu yang ke rumah. Identitas tamu juga perlu kita bicarakan. Apakah mereka sahabat, teman sekolah, rekan kerja, atau mungkin klien baru kita, semua perlu dibicarakan dari awal saat tinggal serumah.

4. Kebiasaan di Tempat Tidur

Apakah suami punya kebiasaan mengorok? Apakah ada rutinitas tertentu yang perlu dilakukan sebelum tidur? Apakah perlu menjadwalkan waktu khusus untuk berhubungan intim? Perkara tempat tidur bisa menjadi sangat personal. Terlebih ketika selama ini kita tak pernah tidur berbagi ranjang dengan orang lain sebelum menikah, jadi sangatlah penting untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan tempat tidur dan kamar tidur dengan pasangan sebaik mungkin.

5. Me-Time

Apakah ada saat-saat tertentu kita butuh waktu sendiri di rumah? Atau mungkin kita perlu memiliki waktu khusus menekuni sebuah hobi tanpa diganggu? Atau bahkan ada pekerjaan yang harus kita kerjakan di rumah dan benar-benar butuh konsentrasi? Agar tidak muncul kesalahpahaman dengan pasangan terkait kebutuhan waktu untuk melakukan sesuatu sendiri, maka hal ini perlu dibicarakan sedari awal setelah menikah.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, hal-hal penting apa yang perlu dikomunikasikan sebagai suami istri agar bisa hidup harmonis tinggal serumah?

 

 

Lanjutkan Membaca ↓