Bukan karena Egois, 4 Alasan Me-Time Sangat Diperlukan dalam Hubungan

Endah Wijayanti03 Jul 2019, 18:15 WIB
pentingnya me time

ringkasan

  • Menciptakan Rasa Saling Percaya
  • Meredakan Stres
  • Meningkatkan Kedekatan dengan Pasangan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Sudah memiliki pasangan bukan berarti seluruh waktu yang ada kita berikan padanya seutuhnya. Adakalanya kita juga perlu menciptakan jarak. Ada saat-saat kita butuh ruang untuk melakukan hal yang kita suka atau menemui orang-orang terdekat kita yang lain.

Saling memberikan me-time dalam hubungan pun sangatlah penting. Kita butuh me-time atau waktu sendiri tanpa bersama pasangan bukanlah karena kita egois. Justru kadang dengan sesekali menciptakan jarak maka rasa rindu bisa membuat cinta kita terhadap pasangan jadi terasa lebih hangat. Berikut beberapa alasan lain kenapa kita perlu saling memberi ruang dalam hubungan.

1. Menciptakan Rasa Saling Percaya

Kita mempersilakan pasangan untuk tetap menekuni hobinya. Kita juga mengizinkannya untuk sesekali bertemu teman-teman sekolahnya. Begitu juga sebaliknya, pasangan kita selalu memberi ruang bagi kita untuk tetap menekuni hobi dan tetap bisa hang out dengan sahabat-sahabat kita. Selama selalu dikomunikasikan dengan baik dan terbuka, pada akhirnya nanti akan bisa menumbuhkan rasa saling percaya.

2. Meredakan Stres

Setiap orang punya temperamen berbeda-beda. Masing-masing dari kita punya cara sendiri dalam mengatasi dan meredakan stres. Sebagian dari kita pun mungkin butuh waktu untuk sendiri bila sedang memiliki masalah. Menyendiri untuk beberapa waktu bisa membantu kita berpikir lebih jernih. Bila kita sudah mengomunikasikan hal ini pada pasangan, maka saling memberi me-time akan sangat membantu dalam menciptakan keharmonisan dalam hubungan.

 

3. Meningkatkan Kedekatan dengan Pasangan

Ilustrasi pasangan
Ilustrasi. (foto: shutterstock.com)

Berjarak bisa menciptakan rasa rindu. Misalnya, seharian penuh kita dan pasangan membuat kesepakatan untuk melakukan hal yang disukai masing-masing. Setelah saling memberi kebebasan dan jarak itu, biasanya pada malam harinya akan muncul kedekatan yang lebih dalam. Sebaba ada rasa rindu yang sudah terbangun dari adanya jarak yang telah dibuat.

4. Menambah Bahan Obrolan

Pernah merasa bosan dengan arah percakapan yang itu-itu saja dengan pasangan? Jika dibiarkan, suasana akan mudah terasa canggung dan malah bisa memicu terjadinya pertengkaran. Untuk menghalau jenuh dan mencegah pertengkaran, coba ambil waktu untuk diri sendiri dan melakukan hal-hal yang disukai. Nantinya saat bertemu kembali dengan pasangan, pasti akan ada lebih banyak hal untuk dibicarakan. Bahan obrolan pun bertambah dan pastinya akan memberi warna baru dalam hubungan.

Bangun kompromi bersama dengan pasangan terkait me-time. Bila bisa dilakukan dengan baik, keharmonisan hubungan pastinya juga akan bertahan lebih lama.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓