Sukses

Lifestyle

Membungkus Makanan dengan Daun Jati, Apakah Ada Manfaatnya?

Fimela.com, Jakarta Pernah mendapati makanan yang dibungkus daun jati? Nasi, tape ketan, bahkan aneka lauk bisa dibungkus dengan daun jati. Umumnya makanan tradisional seperti nasi pecel dan nasi jamblang disajikan dengan dibungkus daun jati. Di sejumlah restoran kita pun mungkin pernah menemukan makanan yang disajikan di atas piring dengan dilapisi daun jati.

Sebenarnya apakah ada manfaat penggunaan daun jati untuk membungkus makanan? Dibandingkan dengan penggunaan plastik, kertas minyak, atau styrofoam untuk membungkus makanan, daun jati jelas lebih ramah lingkungan. Kita bisa ikut berkontribusi dalam pengurangan penumpukan sampai yang dapat merusak lingkungan.

Membantu Menjaga Kehangatan Nasi

Nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun jati biasanya akan hangat dalam waktu yang lebih lama. Karena tekstur daun jati yang tebal dan lebar, kehangatan makanan bisa terjaga dengan lebih baik. Nasi yang dibungkus rapat dengan daun jati bisa bertahan dalam waktu cukup lama dalam keadaan masih hangat.

Memberi Aroma yang Khas

Makanan yang dibungkus dengan daun jati akan mengeluarkan aroma yang khas. Aroma daun jati ini bahkan bisa menambah nafsu makan. Aneka menu nasi tradisional yang dibungkus dengan daun jati akan terasa lebih istimewa karena aromanya yang menggugah selera. Kita juga bisa menggunakan daun jati untuk membungkus tape ketan dan menjadikan tape ketan lebih spesial karena aromanya jadi lebih kuat.

Terhindar dari Bahan Kimia Berbahaya

Kalau menggunakan pembungkus dari plastik atau styrofoam, dikhawatirkan ada bahan kimia berbahaya yang ikut bercampur pada makanan dan terkonsumsi. Sedangkan bila menggunakan daun jati, kita bisa terhindar dari bahan kimia berbahaya. Membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi.

Selain ramah lingkungan, penggunaan daun jati untuk membungkus makanan memang bisa memperkuat aroma makanan tersebut. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya sendiri?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading