Cara Merebus Lontong yang Empuk dan Enak Menggugah Selera

Mimi Rohmitriasih06 Jul 2019, 09:45 WIB
Diperbarui 06 Jul 2019, 09:45 WIB
Lontong

ringkasan

  • Perhatikan isi beras
  • Cek cara memasak lontong
  • Sebelum disantap tiriskan lontong
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Lontong merupakan makanan khas masyarakat Indonesia. Lontong merupakan makanan yang terbuat dari beras dan dimasukkan ke dalam wadah daun pisang kemudian direbus dalam waktu lama hingga benar-benar matang dan empuk.

Mengenai lontong, biasanya makanan ini disajikan bersama sate ayam, sate kambing gulai, ketupat sayur, bakso dan masakan khas Indonesia yang memiliki cita rasa kuat dan kaya rempah. Lontong akan dinilai spesial ketika teksturnya empuk, rasanya enak dan warnanya hijau cantik di luar sedangkan putih di dalam.

Untuk membuat lontong yang empuk dan enak serta cantik, kali ini Fimela punya caranya. Bagaimana? Simak yang berikut ini.

Penggunaan Beras

Beras Merah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Penggunaan Beras

Gunakan beras yang pulen dan berkualitas baik untuk membuat lontong yang enak. Kualitas beras sangat menentukan apakah lontong yang hendak dibuat nanti rasanya enak atau justru sebaliknya. Beras untuk lontong enak antara lain adalah beras pandan wangi, mentik spesial, rojolele dan sejenisnya. Sebelum dimasukkan ke wadah daun pisang, cuci bersih beras dan rendam kira-kira selama 1 jam agar lontong lebih empuk nantinya.

Tambahkan Air Kapur Sirih

Tambahkan air kapur sirih ke dalam air untuk merebus lontong. Perbandingannya adalah 1 dibanding 1. Untuk memasak 1 kg beras kita cukup menggunakan air kapur sirih sebanyak 1 sdm saja.

Pilih Daun Pisang Berkualitas

Usahakan untuk memilih daun pisang yang berkualitas, tidak mudah sobek dan pastikan jika daun itu warnanya masih hijau segar. Jemur dulu daun pisang agar teksturnya layu dan mudah digulung untuk membungkus beras.

Tiriskan Lontong Hingga Dingin

lontong
lontong/copyright: shutterstock

Perhatikan Isi Beras

Isi daun pisang dengan beras setingga setengahnya saja. Gulung daun pisang dengan rapi dan padat. Tutup kedua ujung daun pisang secara rapi dan pastikan tertutup rapat. Jika daun pisang untuk membungkus lontong tidak rapi, padat dan tertutup baik, ini dikhawatirkan membuat lontong tidak sebaik seharusnya.

Perebusan Lontong

Rebus lontong dengan posisi berdiri tegak di dalam panci. Pastikan jika semua bagian lontong terendam air agar matangnya merata. Merebus lontong dengan menatanya berdiri bertujuan agar lontong tidak saling tumpang tindih satu sama lain dan membuatnya hancur. Waktu perebusan lontong antara 4 hingga 6 jam.

Tiriskan Lontong Hingga Dingin

Sebelum disantap, tiriskan lontong hingga benar-benar dingin. Sebaiknya, meniriskan lontong ini dilakukan di atas wadah jaring-jaring dan di tempat terbuka.

Itulah cara merebus lontong agar empuk dan matang sempurna. Satu lagi Sahabat Fimela, usahakan agar lontong direbus dengan api sedang agar teksturnya lebih sempurna dan tingkat kematangannya mengesankan. Semoga tips dapur ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓