Sebelum Menikah, Penting Bagi Pasangan Saling Mengerti dan Memahami

Mimi Rohmitriasih05 Jul 2019, 14:15 WIB
Couple

ringkasan

  • Sebelum menikah penting bagi kedua pasangan untuk saling mengerti
  • Saling mengerti mengurangi risiko perpisahan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Menikah adalah impian dari semua orang. Menikah juga menjadi momen yang sangat membahagiakan dan mengesankan siapa saja. Mengenai menikah, usahakan agar tidak tergesa-gesa untuk melakukannya. Pun, ketika dirimu telah memiliki calon dan merasa nyaman dengannya jangan juga untuk menunda-nunda pernikahan yang ada.

Momen pernikahan adalah momen yang sangat sakral. Ini tak bisa dilakukan seenak jidat begitu saja. Ini juga tak bisa dilakukan secara tergesa-gesa maupun menunda-nunda karena alasan usia. Jika memang sudah waktunya menikah dan membina rumah tangga, sudah bertemu dengan seseorang yang tepat, harus menunggu apa lagi?

Namun ingat, sebelum memutuskan menikah, pastikan untuk mengenal pasangan lebih dalam lagi. Melansir dari laman prevention.com, sebelum menikah penting bagi kedua pasangan untuk saling mengerti, mengenali dan memahami secara lebih dalam satu sama lain. Ini dilakukan agar jika ada yang tak sesuai dengan harapan dari pasangan setelah menikah, ini tak menimbulkan kekecewaan mendalam.

Pentingnya Mengerti dan Memahami Pasangan

Couple
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Saling mengerti dan memahami satu sama lain sebelum menikah bisa menurunkan risiko adanya salah paham dalam hubungan. Sikap mengerti dan memahami ini juga akan membuat pasangan merasa saling nyaman. Perasaan nyaman sendiri adalah kunci hubungan langgeng dan bahagia.

Tina B. Tessina, PhD, seorang psikologis dan penulis buku berjudul How to Be Happy Partners: Working it Out Together mengatakan, "Saling mengerti an memahami akan membuat dua orang rukun. Pasangan akan merasa lebih puas dengannya. Adanya masalah juga bisa diselesaikan dengan baik dan kepala tenang.

Risa Ganel, MS, LCMFT, seorang konsultan pernikahan dan keluarga di Maryland mengungkapkan, "Hubungan pernikahan adalah hubungan sakral. Penting untuk pasangan lebih mengenal satu sama lain. Bukan sebatas mengenal pasangan tapi juga keluarga dan orang-orang di sekitarnya."

Well Sahabar Fimela, sebelum benar-benar memutuskan menikah, pastikan dulu untuk lebih mengenal, mengerti dan memahami calon suami. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓