Sukses

Lifestyle

Dengan Satu Kebiasaan Ini, Kita Bisa Terhindar dari Bokek

Fimela.com, Jakarta Mengatur keuangan tak selalu rumit. Tapi seringkali karena tak bisa mengendalikan diri dan kurang disiplin, kita kerap mengalami yang namanya bokek. Baru beberapa hari lalu gajian, eh sekarang sudah bokek. Sekarang saatnya untuk membuat kebiasaan baru.

Ada satu kebiasaan cukup mudah yang bisa kita lakukan dari sekarang agar bebas dari bokek. Saatnya untuk lebih disiplin membuat anggaran untuk pos-pos pengeluaran. Seperti yang dilansir dari thebalance.com, langkah pertama untuk membuat anggaran adalah cukup dengan duduk lalu menuliskannya. Kita bisa membuat sejumlah pos pengeluaran bulanan, lalu memasukkan nominal yang disesuaikan dengan kebutuhan serta penghasilan yang kita punya.

Mulai dari Kebutuhan yang Paling Dasar

Kebutuhan bulanan yang paling dasar perlu kita jadikan pos pengeluaran yang pertama. Membayar cicilan, membeli kebutuhan bulanan, dan kebutuhan lain yang tak bisa ditunda perlu segera kita buat anggarannya. Segera sisihkan uang untuk kebutuhan yang paling dasar ini.

Sisihkan sebagian untuk Ditabung atau Diinvestasikan

Punya target keuangan yang ingin dicapai? Misalnya, untuk biaya liburan beberapa bulan ke depan? Coba sisihkan sebagian uang untuk ditabung. Menabung perlu dilakukan di awal supaya memudahkan kita dalam mengelola sisanya. Atau kalau ingin berinvestasi, segera sisihkan sebagian untuk diinvestasikan.

Siapkan Dana Cadangan

Terkadang kita tak pernah tahu akan pengeluaran dadakan yang harus segera kita tangani. Selalu sisihkan sebagian uang di pos dana cadangan atau dana darurat. Tujuannya untuk berjaga-jaga bila suatu waktu kita membeli sesuatu melewati anggaran yang kita buat.

Dengan kebiasaan lebih disiplin dalam membuat pos-pos pengeluaran sesuai dengan anggaran dan penghasilan yang kita punya, kita akan lebih mudah terhindar dari bokek. Tidak ada lagi yang namanya besar pasak daripada tiang. Kalau tak bisa mendapat pemasukan tambahan, maka pilihan terbaiknya adalah dengan melakukan lebih sedikit pengeluaran.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading