3 Tips Mengolah Sayur Genjer agar Tidak Getir dan Pahit

Endah Wijayanti06 Jul 2019, 12:15 WIB
tips sayur genjer

ringkasan

  • Pilih Genjer dengan Daun Lebar dan Bunga yang Masih Kuncup
  • Remas-Remas Genjer dengan Garam
  • Sayur Genjer Dimasukkan Paling Terakhir dalam Tumisan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Sayur genjer bisa diolah jadi masakan yang sedap. Kita bisa membuat tumis sayur genjer dengan cita rasa yang khas. Hanya saja memang belum banyak yang benar-benar tahu cara mengolah genjer yang benar.

Salah mengolahnya, sayur genjer akan memberi rasa pahit dan getir. Akan sangat disayangkan bila sayur masih memiliki rasa getir. Sebenarnya tidak terlalu sulit mengolah sayur genjer, berikut tiga tips sederhana yang bisa langsung dicoba.

1. Pilih Genjer dengan Daun Lebar dan Bunga yang Masih Kuncup

Sangat disarankan untuk memilih sayur genjer yang masih muda. Cirinya ditandai dengan daunnya yang lebar dan bunganya yang masih kuncup. Pilih yang bunganya masih lembut, bukan yang sudah keras. 

2. Remas-Remas Genjer dengan Garam

Genjer perlu dicuci bersih agar kotorannya hilang. Setelah itu, remas-remas daun genjer dengan garam sampai layu. Bisa juga dengan direndam dalam air garam selama beberapa menit sebelum dibilas lagi sampai bersih. Kemudian, tiriskan sayur genjer. 

3. Sayur Genjer Dimasukkan Paling Terakhir dalam Tumisan

Dalam tumisan, genjer sebaiknya dimasak sebentar saja. Kenapa? Karena bila terlalu lama nanti warnanya jadi hitam dan rasanya jadi kurang enak. Sehingga sangat disarankan untuk memasukkan sayur genjer pada tahap terakhir tumisan, setelah bumbu dan bahan lain dimasukkan. Dimasak sebentar, sayur genjer sudah matang.

Itu tadi tiga tips sederhana yang bisa dicoba untuk mengolah sayur genjer. Semoga bermanfaat, ya. 

#GrowFearless with FIMELA