8 Tips Melakukan Olahraga Lari di Luar Ruangan Saat Cuaca Panas

Annissa Wulan10 Jul 2019, 16:00 WIB
kesehatan

Fimela.com, Jakarta Ya, olahraga lari adalah aktivitas yang paling mudah untuk dilakukan, namun bukan berarti tanpa tantangan sama sekali, terutama jika kamu melakukannya di luar ruangan saat cuaca panas. Lari saat cuaca panas dapat membuat tubuh dehidrasi, terlalu lembap, terpapar polusi, dan sinar matahari.

Namun, jangan khawatir, dilansir dari sheknows.com, Rabu (10/7/2019), berikut ini adalah beberapa tips melakukan olahraga lari di luar ruangan saat cuaca panas. Penasaran?

1. Memeriksa suhu udara

Penting untuk memeriksa suhu udara ketika kamu akan melakukan aktivitas di luar ruangan, seperti lari. Cara ini dilakukan untuk membuat keputusan yang tepat.

2. Tetap terhidrasi

Minum air yang cukup, terutama saat cuaca panas. Untuk aktivitas jangka panjang, minumlah cairan berbasis elektrolit untuk mengganti cairan hilang.

3. Mengetahui risiko polusi udara

Kualitas udara yang buruk dapat mempengaruhi semua orang, terutama ketika berencana akan melakukan olahraga di luar ruangan. Periksalah kualitas udara di daerahmu sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga lari.

 

 

Memilih alat yang tepat

Olahraga
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

4. Memilih alat yang tepat

Saat memilih pakaian olahraga, pikirkan fungsinya, daripada mode. Pakaian yang terlalu ketat tidak tepat digunakan untuk lari, karena dapat menyebabkan gesekan dan mengganggu langkah saat lari.

5. Menggunakan topi

Topi berfungsi untuk melindungi kepala dari paparan sinar matahari, namun juga bisa sangat mengganggu. Pilihlah topi yang memang dirancang untuk olahraga.

6. Mengenakan sepatu yang tepat

Kenakan sepatu yang memang dirancang untuk pelari. Sepatu lari jarak jauh cenderung lebih ringan dari sepatu yang dirancang untuk aktivitas lainnya.

Melindungi kulit dan fokus

Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga (iStockphoto)

7. Melindungi kulit

Tabir surya adalah keharusan. Paparan sinar matahari tidak hanya bisa meningkatkan risiko kanker kulit, namun juga penuaan dini.

8. Fokus

Banyak orang lari menggunakan headphone sambil mendengar musik, apa kamu juga suka melakukannya? Jika iya, usahakan untuk tetap fokus untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓