5 Tips Memulai Yoga untuk Hasil yang Optimal

Endah Wijayanti09 Jul 2019, 09:54 WIB
Yoga

ringkasan

  • Kenakan Pakaian Nyaman
  • Mulai dengan Postur-Postur Dasar
  • Konsisten
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Yoga adalah salah satu jenis olah tubuh yang bisa membantu menenangkan pikiran dan menjaga kebugaran. Yoga bisa membantu meningkatkan kebugaran, produktivitas, kreativitas, dan kualitas hidup. Bagi yang belum pernah mencoba olahraga yoga, ini saat yang tepat untuk memulainya.

Sebelum memulai yoga ada baiknya untuk memperhatikan sejumlah hal penting. Demi hasil yang lebih optimal, kita perlu mengikuti beberapa hal dasar dalam olahraga yoga. Seperti sejumlah hal berikut ini.

1. Kenakan Pakaian Nyaman

Dilansir dari lifehack.org, menjaga tubuh tetap nyaman selama latihan yoga sudah seharusnya menjadi prioritas paling utama. Karena kita akan melakukan peregangan sejumlah otot, maka pakaian yang melar dan longgar sangat diperlukan agar tidak membatasi gerak tubuh kita. Sebaiknya tidak mengenakan aksesoris atau memilih bahan kain yang bisa mencederai kulit.

2. Mulai dengan Postur-Postur Dasar

Sebagai pemula, penting untuk memulai gerakan dengan postur-postur dasar. Peregangan dan pemanasan pun diperlukan untuk mencegah terjadinya cedera. Beberapa postur dasar yoga yang bisa dicoba, antara lain Mountain Pose, Downward Facing Dog, Plank, Triangle, Tree, Warrior, Seated Forward Bend, Bridge Pose, dan Child’s Pose.

 

 

3. Konsisten

[Fimela] Ilsutrasi Pilates
Ilustrasi. | pixabay.com

Latihan yang rutin dan konsisten bisa memberi hasil yang optimal. Jaga latihan untuk selalu rutin sebab sekali terlewatkan nantinya akan terasa sulit untuk kembali memulai dari awal. Walaupun pagi hari adalah waktu terbaik untuk melakukan yoga, kita bisa melakukan yoga kapan saja selama tetap konsisten dengan latihan kita.

4. Pilih Tempat Nyaman untuk Latihan Yoga

Tempat yang nyaman bisa membuat kita makin semangat melakukan olahraga yoga. Baik di rumah maupun di tempat latihan yoga, pastikan tempat yang dipilih benar-benar nyaman. Tempat yang memungkinkan kita bisa bergerak dengan leluasa dengan sirkulasi udara yang baik bisa jadi pilihan tempat yang ideal.

5. Buat Tantangan dan Target untuk Diri Sendiri

Kita perlu membuat target terkait tujuan kita melakukan yoga. Sehingga dengan begitu kita bisa menjaga motivasi dan semangat kita untuk konsisten melakukan yoga. Sebaiknya target dan tantangan yang dibuat adalah yang benar-benar masuk akal dan memang bisa dilakukan sesuai kemampuan.

Tetap semangat ya memulai latihan yoga. Saatnya untuk memulai kebiasaan baru untuk pola hidup yang lebih sehat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓