Tips Mengatasi Mual Saat Menstruasi

Ayu Puji Lestari09 Jul 2019, 10:15 WIB
Mual

ringkasan

  • Berlatih pernapasan agar lebih lega
  • Perbanyak makan buah
  • Minum air putih yang cukup
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Menjelang datang bulan memang sering kali ditandai dengan hal yang kurang menyenangkan. Mulai dari perut kram, perasaan tidak nyaman karena emosi, munculnya jerawat yang mengganggu hingga perut mual. Perut tidak nyaman dan mual ini bahkan menyebabkan muntah. Tentu sangat menggangu bukan?

Rasa mual menjelang dan saat menstruasi ini disebabkan oleh perubahan hormon. Zat prostaglandin membantu mempercepat penyembuhan luka, mengalir ke lapisan rahim yang menyebabkan kontraksi dan menimbulkan efek kram pada perut. Sebagian lagi mengalir di darah. Prostaglandin yang mengalir pada darah inilah yang menyebabkan mual dan rasa tidak nyaman pada perut menjelang dan saat menstruasi.

Lalu bagaimana cara mengatasi perut mual ini? yuk, simak penjelasan dari Fimela berikut ini.

Latihan Pernapasan

Mulailah dengan rajin menghirup udara segar. Melatih pernapasan di setiap pagi bisa membuatmu lebih tenang. Selain itu, saat menjelang mentruasi hidung lebih sensitif, jadi berlatih pernapasan akan mengurangi rasa mual.

Buka jendela kamar di pagi hari untuk mendapatkan sirkulasi udara yang bagus. Jika memang dirasa kurang, Sahabat Fimela dapat menambahkan aroma teraphy untuk memberi efek menenangkan.

Makan buah dan minum air putih

Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih/copyright shutterstock.com

Perbanyak Makan Buah

Untuk mengurangi rasa mual karena bau yang menyengat, mengonsumsi buah-buhan sangat disarankan. Jeruk, pisang dan apel bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Makan dalam porsi kecil namun sering sangat disarankan.

Minum Air Putih yang Cukup

Perut yang mual akan membuat tubuh memproduksi air liur yang banyak. Jadi usahakan untuk selalu minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Minuman teh mint juga disarankan untuk mengurangi mual.

Nah, demikian tips untuk mengurangi rasa mual saat menstruasi. Yuk, jaga pola hidup agar tetap nyaman selama menstruasi. Semoga infoemasi ini bermanfaat ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓