Sukses

Lifestyle

Hati yang Sedang Bersedih Seringkali Tak Butuh Dihibur, tapi Ingin Didengar

Fimela.com, Jakarta Ada sahabat yang tampak sedih lalu kita berusaha menghiburnya, bukannya keadaan membaik dia malah marah-marah. Padahal kita berusaha membantunya untuk berpikir positif dan memberi banyak nasihat baik, tapi semua itu tak bisa menghapus kesedihannya. Well, seringkali kita lupa bahwa orang yang sedang bersedih kadang hanya membutuhkan telinga untuk mau mendengar.

Ketika orang terdekat kita bersedih, kita pasti ingin membantunya untuk memperbaiki suasana hatinya. Berbagai macam nasihat dan kalimat-kalimat positif kita coba utarakan padanya. Hanya saja kadang yang kita lakukan itu malah akan memperburuk keadaan. Saatnya untuk melatih diri kita menjadi pendengar yang menenangkan bagi seseorang yang sedang bersedih.

1. Beri Rasa Nyaman dengan Sentuhan

Mendengar yang baik bukan cuma duduk diam saja bagai patung. Kita bisa memberi sentuhan, menganggukkan kepala, dan menatap matanya. Dengan sentuhan dan bahasa tubuh tersebut kita bisa memberikan rasa nyaman padanya. Membuatnya merasa aman sehingga dia bisa terbantu untuk melepas semua beban kesedihan yang ada.

 

2. Berbicara tanpa Menghakimi

Terkadang saat kita menyuruhnya untuk berpikir positif dan memberinya nasihat, itu malah menjadi seperti kita sedang menghakiminya. Padahal ketika seseorang bersedih, dihakimi adalah hal yang akan membuatnya makin tersakiti. Kita bisa berbicara dengan empati, "Aku mendengarkanmu," atau, "Aku tahu tidak bisa sepenuhnya memahami perasaanmu tapi yang aku pahami ini pasti berat untukmu." Kita bisa memberi validasi atas yang sedang dirasakannya.

3. Rangkum Curahan Hatinya

Tunjukkan padanya bahwa kita sudah berusaha untuk memahaminya. Kita bisa mengucapkan kalimat yang merangkum curahan hatinya. Misalnya, sahabat kita bersedih karena semua kerja kerasnya tak dihargai oleh atasannya, kita bisa mencoba meringkas curhatan panjangnya, "Memang atasanmu itu kelewatan tidak menghargai semua kerja lemburmu selama ini." Di sini kita bisa memperlihatkan bahwa kita peduli dan sudah melakukan yang terbaik untuk memahami perasaannya.

Mendengarkan curahan hati sahabat yang sedang sedih memang kadang membuat kita kewalahan sendiri. Tapi berterima kasihlah sebab itu tandanya sahabatmu mempercayaimu karena merasa nyaman denganmu. Saatnya untuk berlatih menjadi pendengar yang lebih baik, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading