7 Obat Alami Untuk Meringankan Mabuk Perjalanan

Anisha Saktian Putri22 Jul 2019, 15:00 WIB
Tips dan Trik Atasi Mual Akibat Mabuk Perjalanan Saat Mudik

ringkasan

  • Jahe dapat mengobati rasa mabuk saat perjalanan
  • Mengunyah permen karet juga mampu atasi mabuk perjalanan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Pusing, perut mual atau yang sering disebut mabuk merupakan penyakit yang sering terjadi ketika kita berpergian. Hal ini terjadi karena gerakan berulang dari kendaraan yang menggangu teling bagian dalam, ini yang menyebabkan pusing dan mual.

Gejala mabuk perjalanan seperti mual, muntah, berkeringat, napas pendek, kantuk, dan ketidakseimbangan. Gejala-gejalanya biasanya berhenti ketika gerakan berakhir, tetapi dalam kasus-kasus tertentu, gejalanya berlanjut bahkan beberapa hari setelah perjalanan berakhir.

Untuk menyembuhkan mabuk perjalanan, ada beberapa obat alami yang bisa dikonsumsi, apa saja? Berikut penjelasannya, dilansir boldsky.

1. Jahe

Jahe memiliki kemampuan ampuh untuk mencegah mabuk perjalanan. Menurut sebuah penelitian, jahe mengurangi mual yang berhubungan dengan mabuk perjalanan dengan mencegah perkembangan disritmia lambung dan peningkatan kadar vasopresin plasma. Konsumislah dengan mengunyah sepotong jahe atau minum teh jahe setiap hari.

2. Teh chamomile

[Bintang] Ketahui 8 Jenis Teh yang Bisa Bantu Hilangkan Stres
Chamomile tea.| via: indiatimes.com

Chamomile adalah ramuan yang sangat efektif untuk menenangkan perut, mengendurkan otot-otot perut dan mengurangi asam lambung Cukup rebus secangkir air, tambahkan satu sendok teh chamomile ke dalamnya dan didihkan selama 5 hingga 7 menit. Saring dan konsumsi tehnya.

3. Minyak essenstial peppermint

Peppermint dapat menurunkan rasa mual yang berhubungan dengan mabuk perjalanan karena memiliki kandungan mentol yang tinggi. Saat bepergian, tuangkan 2-3 tetes minyak esensial peppermint ke saputangan dan menciumnya.

5. Lemon

Tak cuma wajah, lemon juga bisa dipakai merawat rambut sampai ketiak
Manfaat lemon ternyata tak sebatas mencerahkan wajah saja. (Foto: unsplash.com)

Lemon memiliki bau asam yang kuat yang meringankan mual dan meringankan gejala mabuk perjalanan.

7. Permen karet

Jika bepergian dengan mobil menyebabkan mabuk, mengunyah permen karet dianggap bermanfaat dan efektif.

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓