Waktu Terbaik Minum Kafein untuk Meningkatkan Produktivitas

Endah Wijayanti10 Jul 2019, 08:15 WIB
minum kopi

Fimela.com, Jakarta Punya kebiasaan minum teh atau kopi setiap hari? Di antara kita ada yang mungkin baru merasa bisa memulai hari setelah mendapat asupan kafein. Tapi terkadang jadi muncul kekhawatiran akan ketergantungan pada kafein. Ada baiknya kita perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk minum minuman berkafein untuk mendapat manfaatnya meningkatkan produktivitas kita.

Bagi yang tidak ingin mengalami kecanduan pada kafein, maka bisa coba untuk menjadwalkan rutinitas minum minuman berkafein agar hasilnya lebih optimal. Dilansir dari lifehack.org, kafein bisa dikonsumsi antara pukul 09.30 hingga 11.30. Pada rentang waktu tersebut, kafein akan memberi dampak terbaiknya untuk tubuh kita. Bisa meningkatkan energi tubuh kita.

Pada pukul 09.30 hingga 11.30 biasanya energi tubuh akan mulai sedikit menurun. Sehingga minum minuman berkafein pada rentang waktu tersebut bisa meningkatkan energi kita. Selain itu, sebaiknya kafein tidak dikonsumsi 8 jam dari waktu tidur malam. Misalnya, kita membuat jadwal tidur pukul 10 malam, maka mulai pukul 2 siang kita sebaiknya tidak mengonsumsi kafein.

Strategi menjadwalkan waktu minum kafein bisa berbeda pada tiap orang. Bahkan butuh eksperimen atau percobaan sendiri. Kita bisa memulainya dengan mencari tahu pukul berapa biasanya energi tubuh kita menurun. Dari situ kemudian kita bisa menjadwalkan untuk minum minuman berkafein. Sesuaikan juga dengan aktivitas kita. Bila sekiranya aktivitas kita tidak terlalu berat atau membutuhkan banyak energi, mungkin tidak harus minum kopi dulu untuk hari ini.

#GrowFearless with FIMELA