Terpaut Beda Usia Jauh dengan Pasangan, Nggak Masalah Asal...

Endah Wijayanti11 Jul 2019, 09:15 WIB
beda usia jauh

ringkasan

  • Bisa Memahami Tingkat Kedewasaan Masing-Masing
  • Bisa Memiliki Tujuan yang Sama
  • Tidak Ada yang Terlalu Mendominasi
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kalau sudah cinta, usia bukanlah penghalang. Bila sudah jodoh, perbedaan usia yang jauh tak perlu lagi diperdebatkan. Tapi memang ada sejumlah masalah yang kerap muncul dalam hubungan dengan perbedaan usia yang jauh.

Terpaut beda usia jauh dengan pasangan, nggak masalah asal bisa mengatasi perbedaan-perbedaan yang cukup signifikan. Menjalin hubungan dengan pasangan yang jauh lebih muda atau lebih tua, kita harus siap dengan sejumlah kondisi yang dapat memicu konflik. Ada baiknya kita bisa benar-benar memahami sejumlah hal berikut ini agar bisa memiliki hubungan yang langgeng dengan pasangan.

1. Bisa Memahami Tingkat Kedewasaan Masing-Masing

Hal yang normal bila masing-masing orang punya perbedaan tingkat kedewasaan. Bahkan kedewasaan seseorang tak selalu ditentukan oleh usianya. Hanya saja memang yang perlu digarisbawahi adalah masing-masing pasangan perlu saling menghargai sudut pandang masing-masing. Bisa memahami tingkat kedewasaan masing-masing dan saling respek dengan pendapat pribadi.

2. Bisa Memiliki Tujuan yang Sama

Seperti yang dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, perbedaan usia bukanlah hambatan ketika masing-masing pasangan memiliki nilai-nilai yang sama dan menginginkan hal yang sama dalam hubungan. Memiliki visi yang sama bisa mengatasi perbedaan usia yang jauh dalam sebuah hubungan.

 

3. Tidak Ada yang Terlalu Mendominasi

zodiak
ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Biasanya yang lebih tua cenderung lebih suka mengatur-atur dan mendominasi yang muda. Sedangkan yang muda mungkin kesulitan untuk mengutarakan pendapatnya dan merasa rendah diri. Tapi sebuah hubungan baru bisa bertahan bila masing-masing pasangan bisa bebas mengutarakan pendapatnya. Tak ada yang terlalu mendominasi dari yang lainnya.

4. Saling Menghargai Lingkaran Pertemanan Masing-Masing

Perbedaan usia biasanya juga berdampak pada perbedaan lingkaran pertemanan. Selera dan tren yang diikuti juga bisa berbeda. Selama bisa sama-sama memberi rasa nyaman pada lingkaran pertemanan masing-masing maka hubungan bisa tetap dipertahankan. Bagaimana pun, teman-teman dan sahabat dekat juga memiliki arti sendiri dalam hidup kita.

5. Tidak Menjadikan Perbedaan Usia sebagai Kambing Hitam

Hindari menjadikan perbedaan usia sebagai kambing hitam atas semua masalah yang terjadi. Bila kita selalu mengungkit soal perbedaan usia yang jauh sebagai pemicu semua konflik maka hubungan akan makin sulit dipertahankan. Dari awal menjalin hubungan perlu ada komitmen terkait hal ini sebab bila tak dikomunikasikan sejak awal bisa menyebabkan kesalahpahaman yang cukup fatal.

Apakah Sahabat Fimela di sini ada yang menjalin hubungan dengan pasangan yang beda usianya sangat jauh? Kira-kira hal terberat apa yang perlu dikompromikan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan perbedaan tersebut?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓