Teknik Pernafasan Buteyko ala Andien, Belum Direkomendasikan secara Medis Terutama untuk Anak

Anisha Saktian Putri10 Jul 2019, 14:30 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Penyanyi Andien baru-baru ini tengah mencoba tidur menggunakan plester di mulutnya. Melalui unggahan Instagram Storynya, Andien menceritakannya hal tersebut dilakukan karena rasa penasarannya saat anak temannya menginap di rumah dan tidur dengan mulut diplester.

Setelah Andien mencari tahu, ternyata metode tersebut merupakan nose breathing dan mouth breathing, serta metode bernapas Buteyko. Salah satu penjelasan dari Gobind, selaku instruktur buteyko breathing course adalah bahwa selama ini ada sekitar 200 penyakit kronis yang disebabkan oleh kesalahan cara bernapas.

Tak hanya Andien yang melakukan teknik tersebut, Irfan Wahyudi sang suami dan anaknya Kawa pun mempraktikkan tekni pernapasan saat tidur menggunakan plester di mulut.

Lalu baikah teknik ini diterapkan untuk anak-anak? Dokter anak, dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A mengatakana teknik pernafasan Buteyko merupakan suatu metode latihan mengatur nafas yang ditemukan oleh seorang dokter Ukraina pada sekitar tahun 1950an.

Dokter tersebut mengklaim bahwa metode ini dapat mengatasi gejala penyakit pernafasan, termasuk asma. Namun hingga saat ini belum cukup banyak penelitian yang dapat mendukung teori tersebut.

Ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa teknik pernafasan ini dapat mengurangi frekuensi kebutuhan penggunaan obat saat terjadi serangan asma, namun tidak ada pengaruhnya terhadap fungsi paru-paru.

"Sebagian besar penelitian-penelitian tersebut dilakukan pada subyek dewasa, bukan anak-anak," ujarnya saat dihubungi redaksi Fimela.com.

Belom direkomendasikan untuk umum

tidur saat haid
Tips tidur nyaman./Copyright shutterstock.com

dr. Caessar mengatakan metode ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, sehingga secara medis belum menjadi rekomendasi umum. Apabila anak terdiagnosis asma, maka penangan dan terapi medis masih menjadi pilihan yang utaman untuk meringankan gejalanya.

"Agar suatu metode dapat diterapkan dan disarankan oleh dokter, maka dibutuhkan bukti yang kuat dari penelitian-penelitian.Saat ini terapi medis merupakan penanganan yang paling utama pada pasien asma, khususnya anak-anak. Karenanya, metode seperti teknik pernafasan Buteyko ini belum direkomendasikan karena bukti ilmiah pada pasien anak belum banyak dan kuat," tuturnya.

Bahhkan sampai kini, secara medis belum ada kesepakatan mengenai usia yang tepat untuk diterapkan teknik pernafasan Buteyko karena masih kurangnya penelitian mengenai teknik ini.

Jadi, untuk kamu yang penasaran dengan teknik buteyko ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli.

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓