Manfaat Meminum Jamu Kunyit Asam ketika Menstruasi

fitriandiani21 Jul 2019, 14:00 WIB
kunyit untuk kulit

Fimela.com, Jakarta Siklus menstruasi yang dihadapi perempuan bisa menimbulkan banyak gejala seperti kram perut, pegal-pegal, sakit kepala, bahkan mood yang berantakan. Hal ini biasanya terjadi seminggu sebelum sampai menstruasi itu berakhir.

Untuk mengurangi gejala tersebut, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi jamu kunyit asam. Resep tradisional ini sudah turun temurun diterapkan para perempuan khususnya di Indonesia, dan khasiat dari jamu kunyit asam memang benar adanya.

Melansir dari berbagai sumber, inilah sejumlah manfaat mengonsumsi jamu kunyit asam bagi perempuan menjelang periode menstruasi.

Manfaat Minum Kunyit Asam

Rutin Minum Kunyit, Cara Mudah Lancarkan Haid (PageSeven/Shutterstock)
Rutin Minum Kunyit, Cara Mudah Lancarkan Haid (PageSeven/Shutterstock)

Melawan PMS

Kunyit asam ampuh melawan PMS dengan cara memperkuat daya tahan tubuh. Dengan demikian, semua gejala PMS mulai dari sakit kepala, lemas, sampai jerawat bisa diminimalisir bahkan dihindari.

Mengatasi Kram Perut dan Nyeri Haid

Otot-otor rahim yang mengalami kontraksi saat haid membuatnya terasa sangat menyakitkan, bagi beberapa perempuan ini bisa sampai mengganggu aktivitas, lho. Untuk mengurangi kram, coba minum jamu kunyit asam menjelang menstruasi. Kandungan aktif kurkumin berfungsi sebagai antiinflamasi yang mampu menenangkan kontraksi.

Selain di bagian perut, tubuh juga akan terasa nyeri ketika menstruasi. Nah, sifat analgesik pada kunyit bisa mengurangi nyeri pada berbagai bagian tubuh. Kandungan kurkumin akan menghambat produksi prostaglandin; hormon penyebab peradangan dan nyeri.

Gejala PMS Lain yang Dapat Diatasi dengan Kunyit Asam

Ini Perbedaan Antara PMS dan PMDD pada Menstruasi (Antonio-Guillem/Shutterstock)
Kunyit asam bisa atasi gejala PMS. (Antonio-Guillem/Shutterstock)

Mengatasi Mood Swing

Perubahan hormon yang terjadi dapat mempengaruhi mood dengan sangat drastis. Kamu mungkin sangat emosional saat akan dan selama menstruasi, mudah marah, depresi, atau sedih. Nah, kurkumin mampu menyeimbangkan zat kimia pada otak hingga terhindar dari mood swing tersebut.

Memperlancar Siklus

Jika dikonsumsi secara rutin dan berkala, jamu kunyit asam bisa membantu memperlancar siklus haid. Siklus yang tidak teratur dapat membuat gejala yang dirasakan lebih parah. Kunyit dikenal sumber estrogen alami yang dapat memicu haid dengan aman.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓