5 Persiapan Penting Anak Saat Pertama Kali Ikutan Family Run

Zaki Baldan12 Jul 2019, 07:17 WIB
5 Persiapan Penting Anak Saat Pertama Kali Ikutan Family Run

Fimela.com, Jakarta Lari bisa menjadi olahraga pertama yang dikenalkan ibu kepada anaknya. Selain sederhana karena nggak membutuhkan perlengkapan olahraga yang rumit, lari juga olahraga yang paling mudah dilakukan anak-anak selama masa pertumbuhannya. Membiasakan ia melakukan latihan fisik sejak dini dapat menumbuhkan gaya hidup sehat dan aktif sejak dini. Nggak hanya itu, anak juga akan belajar nilai-nilai positif dari olahraga seperti pantang menyerah, sportivitas, percaya diri dan kerja sama tim.

Salah satu cara membuat anak semangat berolahraga adalah mengajaknya mengikuti family run. Olahraga bersama anak juga merupakan family goals yang dimiliki keluarga modern. Yuk, cari tahu lebih dulu persiapan apa saja yang perlu dilakukan saat anak pertama kali ikutan family run!

Latihan Fisik Bersama Orang Tua

5 Persiapan Penting Anak Saat Pertama Kali Ikutan Family Run
(c) shutterstock

Latihan fisik sangat penting sebagai persiapan awal sebelum mengajak anak mengikuti family run untuk pertama kalinya. Ajarkan ia melakukan teknik-teknik dasar olahraga seperti stretching yang diperlukan sebelum melakukan latihan fisik apapun. Selain itu, kamu juga bisa mengajaknya olahraga ringan seperti jogging untuk membiasakan tubuhnya sebelum mengikuti family run. Persiapan fisik sangat penting untuk memastikan bahwa ia dapat melalui rute family run yang biasanya memiliki jarak cukup panjang.

Siapkan Perlengkapan Anak Selama Berlari

5 Persiapan Penting Anak Saat Pertama Kali Ikutan Family Run
(c) shutterstock

Jangan lupa juga siapkan berbagai perlengkapan anak sebelum mengikuti family run. Misalnya saja pakaian olahraga yang nyaman untuk berlari. Pilih yang memiliki bahan ringan dan breathable agar tidak menumpuk keringat di dalam pakaian yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman serta gatal. Selain itu, pastikan juga anak menggunakan sepatu olahraga yang memang didesain khusus untuk berlari. Hal ini penting untuk mendukung kenyamanan kaki serta meminimalisir risiko cedera yang dialami anak selama race berlangsung.

Jaga Kondisi Tubuh

5 Persiapan Penting Anak Saat Pertama Kali Ikutan Family Run
(c) shutterstock

Pastikan anak berada dalam kondisi fit agar tidak mengganggu performanya selama family run nanti. Sebelum hari H pelaksanaan, ajak ia untuk cukup tidur dan penuhi kebutuhan nutrisinya lewat sajian makanan bergizi. Jika anak berada dalam kondisi tubuh yang prima, maka ia akan makin semangat menyambut family run pertamanya.

Berikan Informasi Peraturan Family Run yang Diikuti

5 Persiapan Penting Anak Saat Pertama Kali Ikutan Family Run
(c) shutterstock

Penting juga untuk memberikan berbagai informasi tentang peraturan family run yang diikuti. Mulai dari jadwal kegiatan dilaksanakan, jam berapa harus berkumpul, serta dos and don'ts yang harus diperhatikan selama kegiatan berlangsung. Misalnya saja, beberapa running events biasanya memberikan running t-shirt sebagai starter pack yang harus digunakan selama lomba lari. Jelaskan hal ini kepada anak agar ia tidak kecewa karena tidak bisa menggunakan pakaian kesayangannya.

Penuhi Kebutuhan Energinya Saat Berlari

5 Persiapan Penting Anak Saat Pertama Kali Ikutan Family Run
(c) Instagram/miloindonesia

Supaya larinya semakin bersemangat, jangan lupa penuhi kebutuhan energinya lewat asupan nutrisi yang tepat sebelum event berlangsung. Pilih pre workout meal terbaik yang dapat menjadi 'bahan bakar' selama mengikuti family run. Jangan lupa berikan ia segelas MILO Activ-Go yang merupakan minuman serbuk cokelat dengan ekstrak malt yang unik. Nggak hanya lezat, minuman ini juga diperkaya kalsium, fosfor, zat besi, serta kombinasi vitamin B2, B3, dan B6 untuk membantu metabolisme energi dan mendukung aktivitas anak sepanajng hari, termasuk saat mengikuti family run.

Sudah siap mengajak sang juara mengikuti family run yang seru? Pas banget nih karena sebentar lagi Family Run yang merupakan bagian dari kategori MILO Jakarta International 10K (#MILOJI10K) bakal segera digelar pada 14 Juli 2019 di kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta.

5 Persiapan Penting Anak Saat Pertama Kali Ikutan Family Run
(c) Facebook/MILOIndonesia

#MILOJI10K bakal menjadi pengalaman family run pertamanya yang pastinya bakal seru banget. Selain karena ini adalah lomba lari jalan raya terbesar dengan lebih dari 15 ribu peserta, tahun ini bakal makin meriah dengan selebrasi 10 tahun #MILOJI10K yang bertema A Decade of MILOJI10K. Perayaan ini adalah komitmen MILO dalam mempromosikan gaya hidup sehat dan aktif kepada keluarga Indonesia agar #BisaLebihBersamaMILO lewat kampanye ACTIV Indonesia. Setelah berlari, ada keseruan selanjutnya di MILO Champions Corner untuk finishers Family Run dan Energy2Play Parc untuk finishers 5K Teens.

Ikuti keseruan A Decade of MILO Jakarta International 10K di Instagram @miloindonesia!