Sukses

Lifestyle

Intip Tips Mengatur Keuangan Berdasarkan Zodiak

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang percaya jika sifat dan kebiasaan seseorang dapat dipengaruhi oleh zodiak. Termasuk dalam mengatur keuangan, berbeda zodiak ternyata berbeda juga cara mengelola keuangan.

Ternyata, setiap zodiak berbeda-beda. Hal ini bergantung dengan sifat bawaan dari zodiak tersebut.

Ada yang sudah terlahir pandai mengatur keuangan dan ada pula yang terlahir memiliki sifat konsumtif. Nah, berikut tips mengatur keuangan berdasarkan zodiakmu.

1. Capricorn

Capricorn merupakan pemain aman, mereka sangat lihai dalam mengatur keuangannya. Tidak heran jika keuangan Capricorn selalu stabil karena mereka selalu memperhitungkan segalanya dengan baik dan tidak mudah tergoda untuk menghamburkan uang. Akan tetapi, sifat tersebut akan membuat Capricorn takut dalam mengambil risiko untuk lebih meningkatkan keuangannya.

Tips: Cobalah untuk menggunakan uang untuk tujuan investasi. Contohnya, bisa dengan mulai dengan investasi saham. Hal ini dipilih karena Capricorn mempunyai perhitungan yang tepat, maka investasi saham bisa menjadi pilihan.

2. Aquarius

Orang yang berzodiak Aquarius umumnya merupakan orang yang eksentrik. Mereka selalu mengikuti perkembangan zaman dalam hal gaya hidup dan berpenampilan. Tak heran kalau mereka hobi berbelanja pakaian untuk memperindah tampilan diri. Mereka tidak pelit, terutama pada teman-temannya.

Tips: Buat anggaran biaya perbulan yang dikeluarkan untuk membeli pakaian dan pernak-perniknya. Hal ini bertujuan agar pengeluaran untuk fashion tidak mempengaruhi anggaran untuk kebutuhan pokok. Selain itu, mulailah menyisihkan sedikit dari penghasilan untuk ditabung. Hal ini berguna untuk membeli sesuatu yang harganya cukup mahal nantinya.

3. Pisces

Pisces merupakan orang yang praktis dan tidak mau ribet. Begitu pula dalam keuangan, mereka mau segalanya simpel tanpa ada perhitungan yang matang terhadap uang yang dikeluarkan. Yang terpenting bagi mereka adalah memperias diri, artinya Pisces lebih suka menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang sifatnya merawat diri mereka agar mereka terlihat memesona didepan orang lain.

Tips: Mulailah melakukan analisis pengeluaran dengan cara membukukan pengeluaran dan pendapatan perbulannya. Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui kemana saja perginya uang yang didapat. Selain itu, melakukan analisis keuangan juga bertujuan untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu agar tidak boros.

4. Aries 

Orang yang terlahir dengan zodiak Aries umumnya mandiri dalam segala hal. Begitu pula dengan cara mereka mengatur keuangannya. Aries tahu betul cara berbelanja dan berburu diskon untuk mendapatkan barang kualitas bagus. Namun, terkadang sifat mandirinya yang tidak mendengarkan saran orang lain membuatnya kalap dalam berbelanja dan berakhir pada sifat konsumtif.

Tips: Cobalah untuk sharing pendapat dengan teman dekat persoalan keuangan. Tanyakan pendapat teman tentang barang yang akan beli dan ceritakan alasan mengapa barang tersebut harus dibeli. Tidak ada salahnya sekali-sekali mendengar pendapat orang lain.

5. Taurus

Salah satu kebiasaan buruk Taurus adalah malas, maka tak jarang mereka lebih memilih untuk berbelanja online dibandingkan harus datang ke toko. Kabar baiknya adalah Taurus merupakan orang yang sabar, mereka dapat menahan godaan untuk berbelanja, meskipun mereka memiliki hasrat untuk berbelanja yang tinggi.

Tips: Umumnya orang yang lahir dengan zodiak Taurus menyukai perihal keuangan, oleh sebab itu mereka pandai mengatur keuangannya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika untuk memutar uangnya dengan mulai membuka bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan nantinya.

6. Gemini 

Orang yang berzodiak Gemini sangat pandai mencari uang, artinya mereka sangat giat dalam bekerja atau usaha. Akan tetapi, Gemini cenderung tidak mempedulikan tentang arus keuangannya. Mereka tidak pernah mencatat pendapatan dan pengeluarannya. Sehingga, kadang uang yang banyak didapat habis begitu saja untuk berbelanja.

Tips: Karena Gemini sangat lihai mendulang Rupiah, sebaiknya mereka mencari pekerjaan sampingan selain pekerjaan utamanya. Hal tersebut berguna untuk menambah pundi-pundi Rupiah yang dihasilkan. Selain itu cobalah untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran perbulannya karena hal tersebut penting untuk mengelola keuangan.

7. Cancer

Orang yang berzodiak Cancer tidak suka berfoya-foya, namun mereka cenderung akan menghabiskan uangnya untuk keluarga karena Cancer memiliki sifat yang royal pada keluarga. Hal ini bisa dilihat dari hobi yang dimiliki Cancer, yaitu membeli perabot rumah tangga untuk mengisi rumahnya. Selain itu, Cancer juga senang membeli berbagai macam makanan untuk memenuhi kulkasnya.

Tips: Karena Cancer lebih cenderung mementingkan keluarga, ada baiknya mereka menyisihkan sebagian dari pendapatnya untuk investasi demi masa depan nanti. Selain itu, Cancer juga sebaiknya menahan hasrat untuk mengganti perabot rumah yang masih laik pakai.

8. Leo

Orang yang berzodiak Leo umumnya mempunyai selera tinggi akan kualitas barang-barang yang dibelinya. Mereka biasanya akan lebih memilih untuk membeli barang yang memiliki prestige tinggi ketimbang barang dengan merk lain yang setipe. Oleh sebab itu, mereka cenderung menghabiskan uang lebih dalam berbelanja.

Tips: Cobalah untuk lebih berhemat dalam berbelanja. Tidak ada salahnya untuk mencoba membeli barang-barang yang biasa saja asal memiliki kualitas dan fungsi yang sama baiknya dengan produk dengan gengsi tinggi. Dengan begitu, sisa uangnya bisa ditabung untuk kebutuhan yang lain.

9. Virgo 

Sudah tidak perlu diragukan lagi kehebatan virgo dalam mengatur keuangan. Orang-orang Virgo sangat cakap dalam berhemat. Mereka selalu dapat menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk ditabung dan bisa menahan diri dalam berbelanja. Oleh sebab itu, mereka cenderung jarang menikmati pendapatannya.

Tips: Karena Virgo dapat konsisten dalam menabung, ada baiknya selain menabung, mulai berinvestasi. Hal ini dilakukan agar uang yang disisihkan dapat menghasilkan keuntungan. Mulailah berinvestasi mulai dari investasi saham, reksadana, emas, hingga unit-link.

 

10. Libra

ipe orang yang berzodiak Libra umumnya penyuka seni, oleh karena itu mereka mempunyai jiwa yang bebas. Dalam mengatur keuangan mereka juga bebas, maksudnya mereka cenderung tidak memiliki daftar prioritas dalam berbelanja.

Tips: Sebaiknya,  membuat skala prioritas untuk sesuatu yang akan dibeli. Hal ini akan membantu untuk menghemat uang yang dimiliki. Selain itu, jangan mengambil uang yang berlebihan dari ATM untuk menghindari membelanjakan uang untuk hal yang tidak perlu.

11. Scorpio

Scorpio merupakan tipikal orang yang gigih dan rajin dalam bekerja. Tidak salah jika Scorpio merupakan pengumpul uang yang handal. Karena mereka merasa mudah mendapatkan uang, tidak jarang mereka merasa tak sayang untuk menghabiskan uang untuk membeli barang yang disukai walaupun harganya selangit.

Tips: Ada baiknya untuk menabungkan uang yang dimiliki untuk bekal masa depan nantinya. Buat perencanaan jangka panjang yang matang terkait hal-hal yang dibutuhkan di masa depan seperti untuk dana pernikahan, cicilan kendaraan, KPR rumah, biaya pendidikan anak dan dana pensiun nantinya.

12. Sagitarius

Para Sagitarius umumnya penikmat kehidupan, mereka tidak takut mencoba hal baru dan mengambil risiko dari setiap tindakan. Sagitarius juga berjiwa petualang yang membuat mereka hobi jalan-jalan. Selain itu, Sagitarius juga terkenal boros dalam keuangan dan cenderung membelanjakan uang diluar anggaran yang tersedia.

Tips: Mulailah belajar menahan diri untuk tidak tergoda akan hal-hal yang akan menghabiskan uang. Ada baiknya untuk mulai berhemat dan menabungkan sebagian dari pendapatan ke jenis simpanan yang tidak mudah dicarikan seperti deposito. Hal ini perlu karena kalau menyimpan uang ke tabungan di bank, Sagitarius akan cenderung untuk tergoda menariknya.

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading