Selain Mengatasi Sunburn, Ini 5 Manfaat dari Lidah Buaya

Annissa Wulan18 Jul 2019, 16:00 WIB
Lidah Buaya

Fimela.com, Jakarta Lidah buaya tidak hanya bisa mengatasi masalah sunburn. Batangnya yang menyimpan banyak air menciptakan zat bening seperti gel yang mengandung vitamin, antioksidan, mineral, dan asam amino.

Lidah buaya juga bisa digunakan pada kulit sensitif untuk menghentikan peradangan. Dilansir dari goodhousekeeping.com, berikut ini adalah beberapa manfaat dari lidah buaya, selain mengatasi sunburn, penasaran?

1. Meredakan iritasi

Jika kamu berurusan dengan kemerahan pada kulit, cobalah menggunakan lidah buaya untuk mengatasinya. Lidah buaya mengandung senyawa yang dapat membantu menekan peradangan dan meredakan rasa sakit.

2. Meredakan psoriasis yang meradang

Mengaplikasikan krim ekstrak lidah buaya beberapa kali dalam sehari dapat mengurangi kemerahan dan peradangan yang gatal karena psoriasis yang ringan, hingga sedang. Namun, kamu harus bersabar hingga sebulan atau lebih untuk melihat hasilnya.

3. Melawan jerawat

Selain memiliki sifat anti bakteri, lidah buaya juga memiliki asam salisilat, pengelupas yang dapat membuka pori-pori dan bertindak sebagai anti inflamasi pada kelenjar minyak penghasil jerawat. Kamu juga bisa mencari produk dengan benzoil peroksida untuk membunuh bakteri dan retinoid yang dapat menghilangkan penyumbatan pada pori-pori kulit.

 

Mempercepat proses penyembuhan luka

Ilustrasi lidah buaya
Ilustrasi lidah buaya. Sumber foto: unsplash.com/Gades Photography.

4. Mempercepat proses penyembuhan

Lidah buaya mengandung agen yang dikenal dapat membantu menghambat jamur, bakteri, dan virus. Agen ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar tingkat pertama dan kedua.

5. Membantu mendinginkan luka

Mengoleskan krim yang mengandung lidah buaya dapat membuat luka cepat hilang karena sifat-sifat anti virusnya. Apa kamu juga sering menggunakan lidah buaya?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓