Mengenal 10 Jenis Sushi, Favoritmu yang Mana Sahabat Fimela?

Mimi Rohmitriasih16 Jul 2019, 11:23 WIB
sushi

ringkasan

  • Norimaki, sushi yang dibungkus dengan kertas nori (rumput laut).
  • Inarizushi, sushi yang lapisan luarnya terbuat dari tofu goreng
  • Temaki, sushi yang dibuat dengan tangan secara langsung
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang digemari banyak orang. Sushi merupakan makanan yang enak dan juga sehat. Karena kelezatan dan kesehatannya, tak heran jika makanan ini masuk ke daftar 100 makanan terlezat di dunia pada tahun 2018 versi BBC.

Mengenai sushi, ada banyak jenis sushi di Jepang. Sedikitnya ada sekitar 50 jenis sushi di Jepang. Di Indonesia sendiri hanya beberapa sushi yang terkenal dan digemari.

Berikut sedikitnya 10 jenis sushi yang terkenal dan digemari di Indonesia.

Jenis Sushi

sushi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Norimaki. Yang pertama ini merupakan sushi yang dibungkus dengan kertas nori (rumput laut). Sushi ini berisi nasi dengan aneka lauk seperti daging salmon, ikan tuna, daging sapi, telur, belut, gurita dan mentimun. Norimaki paling banyak dijumpai di Indonesia.
  2. Oshizushi. Ini merupakan sushi yang mirip dengan norimaki hanya saja bentunya persegi panjang atau kotak.
  3. Inarizushi. Ini adalah sushi yang lapisan luarnya terbuat dari tofu goreng. Isi sushi ini nasi putih dengan cita rasa khas dan teksturnya halus.
  4. Futomaki. Ini merupakan sushi yang ukurannya cukup besar jika dibanding dengan sushi lainnya. Sushi ini berisi nasi dengan 7 macam lauk matang di dalamnya. Ada daging, sayur, ikan bahkan buah untuk isian futomaki.
  5. Temaki. Sushi selanjutnya ada temaki. Ini merupakan sushi yang dibuat dengan tangan secara langsung atau digulung secara spontan saat ingin memakannya. Nasi dan lauk bisa disusun dan diambil sesuai selera.
  6. Gunkan. Ini merupakan sushi yang berbentuk mirip kapal. Gunkan adalah sushi dengan bungkus irisan mentimun tipis atau kertas nori dengan beragam isian di dalamnya.
  7. Uramaki. Sushi ini memiliki pembungkus nasi dan kertas norinya ada di dalam. Lauknnya bisa potongan daging, ikan, sayur atau buah.
  8. Chirashi. Ini merupakan sushi yang disajikan dengan bentuk rice bowl. Di atas sajian ini ada aneka toping bisa berupa potongan ikan, daging, udang, gurita, telur ikan dan masih banyak lagi.
  9. Sashimi. Ini merupakan sushi yang terdiri dari potongan daging ikan mentah. Sushi ini dimakan dengan cara dicelupkan ke saus yang telah disediakan. Tak ada nasi dalam sajian sushi yang satu ini.
  10. Nigiri. Ini merupakan sushi yang terbuat dari nasi kemudian diberi potongan ikan di atasnya. Ikan yang digunakan bermacam-macam mulai ikan tuna, salmon, gurita, udang, cumi-cumi hingga belut.

Itulah sedikitnya 10 jenis sushi yang paling populer di Indonesia. Dari sekian banyak jenis sushi yang ada, mana nih kesukaanmu Sahabat Fimela?

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓