Makin Bertambah Usia Perempuan, Makin Turun Gairah Hubungan Intimnya

Mimi Rohmitriasih17 Jul 2019, 20:30 WIB
Hubungan Intim/Seks

Fimela.com, Jakarta Berhubungan intim atau seks merupakan aktivitas yang penting bagi pasangan suami istri. Baik pria maupun perempuan, keduanya akan sangat menikmati hubungan intim yang dilakukannya bersama pasangan.

Mengenai hubungan intim ini, penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika kesenangan dan gairah seksual perempuan ternyata semakin menurun seiring bertambah usianya. Gairah ini juga akan semakin menurun ketika perempuan telah memiliki buah hati, terlalu sibuk mengurus rumah tangga dan kebahagiaan keluarganya.

Penelitian yang dilakukan ahli di North American Menopause Society (NAMS) menemukan jika kehidupan seks perempuan akan semakin menurun seiring bertambahnya usianya. Meski begitu, perempuan masih tetap bisa merasakan kehidupan seks terbaiknya di usia yang tak muda lagi.

Kenapa Gairah Seks Perempuan Menurun?

Hubungan Intim/Seks
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ada banyak hal yang membuat gairah perempuan menurun seiring dengan bertambahnya usianya. Melansir dari laman dailystar.com, hal yang bisa menurunkan gairah seksual perempuan antaranya kedekatan hubungan dengan pasangan, kesehatan, faktor kesejahteraan hidup, faktor fisiologis dan masih banyak lagi.

Para ahli mengungkapkan jika perempuan mengalami penurunan gairah seks bisa juga karena ia mengalami masalah medis, disfungsi seksual hingga adanya gejala menopause serta konsumsi obat-obatan tertentu dari dokter. Dr. Stephanie Faubion, direktur medis pada NAMS mengatakan, "Masalh hubungan, masalah medis, menopause dan disfungsi seksual bisa menurunkan gairah seks. Pasangan yang tidak bisa memuaskannya juga semakin menurunkan gairah yang ada."

Agar gairah seks perempuan maupun pria senantiasa membara, penting bagi keduanya untuk mengomunikasikan hal ini dengan pasangan. Faubion menyarankan agar kita lebih terbuka ke pasangan mengenai apa yang kita inginkan selama berhubungan agar lebih bergairah dan bahagia.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓