Jika Belum Siap Ambil Tanggung Jawab Besar, Jangan Mimpi Gaji Gede

Endah Wijayanti18 Jul 2019, 08:08 WIB
memiliki penghasilan besar

Fimela.com, Jakarta Hidup sejahtera kaya raya dengan gaji besar setiap bulannya, wah siapa yang tak ingin memilikinya? Sebagian besar dari kita pasti ingin memiliki hidup nyaman. Memiliki penghasilan besar setiap bulannya. Tidak lagi pusing mengatur pengeluaran seirit mungkin setiap harinya. Meski begitu seringkali kita lupa bahwa penghasilan yang besar juga akan disertai dengan tanggung jawab yang besar.

Bagi yang tidak mengandalkan uang warisan atau dapat rezeki nomplok, bekerja setiap hari untuk memenuhi semua kebutuhan memang perjuangan yang tak ada habisnya. Bila kita tak membekali diri dengan keahlian dan kemampuan yang mumpuni, kita akan semakin ketinggalan di dunia kerja. Jika kita tak siap mengambil tanggung jawab besar, rasanya sulit untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

 

Penghasilan Dobel, Stresnya Juga Dobel

kerja keras bagai kuda
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Di antara kita ada yang mungkin memilikih lebih dari satu pekerjaan. Selain pekerjaan utama sebagai karyawan, kita juga menyambi menjadi pekerja lepas. Mengerjakan sejumlah pekerjaan sampingan atau usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Di sini kita bisa mendapat penghasilan dobel. Tapi situasi ini pun disertai dengan stres yang ikut jadi dobel. Kalau kita tak bisa mengatur waktu dan mengelola energi kita dengan baik, bisa-bisa kita malah jatuh sakit. 

Setiap Pilihan Mengandung Risiko

kerja keras bagai kuda 1
Ilustrasi./Copyright pexels.com

"Most people do not really want freedom, because freedom involves responsibility, and most people are frightened of responsibility.”― Sigmund Freud, Civilization and Its Discontents

Kita mungkin pernah melihat atasan kita atau seseorang yang hidupnya tampak begitu nyaman. Dilimpahi kemewahan dan selalu bisa tampil modis. Tapi kita tak pernah tahu seberapa besar tanggung jawab dan beban tekanan yang harus ditanggungnya untuk bisa mendapatkan hidup yang dijalaninya saat ini. 

Saat kita iri dengan kehidupan orang lain yang gajinya tampak lebih besar, ingatlah bahwa ada tanggung jawab yang lebih berat dari pekerjaan yang dilakoninya. Kita tak bisa hanya mimpi ingin mendapat gaji lebih besar tanpa berusaha meng-upgrade diri untuk siap menanggung risiko yang lebih besar pula.

Kerja sesuai Passion Juga Butuh Tanggung Jawab

tips perempuan karier
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

“Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do.” - Steve Jobs

Kondisi setiap orang memang berbeda-beda. Dalam urusan pekerjaan, seseorang bebas menentukan pilihan kariernya. Idealnya adalah memilih pekerjaan sesuai passion. Tapi jangan dikira bekerja sesuai passion itu bisa seenaknya sendiri. Tetap ada tanggung jawab yang harus dipenuhi. Beban dan tekanan pun harus siap ditanggung agar karier bisa terus berkembang. 

Kita bisa kok kaya dengan melakukan pekerjaan yang kita suka. Selama kita punya etos kerja yang bagus, bisa mengelola stres dengan baik, dan selalu berusaha meningkatkan kemampuan untuk terus belajar hal-hal baru, tidaklah mustahil kita bisa memiliki penghasilan atau gaji gede sesuai impian. Siapkan diri dengan baik. Bekali diri dengan ilmu dan kemampuan terbaik, sertai dengan doa dan usaha yang tak putus, dengan begitu kita bisa mengharapkan hasil sesuai harapan kita.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓