Cara Praktis Merebus Sayuran Agar Tetap Hijau dan Segar

Mimi Rohmitriasih18 Jul 2019, 08:45 WIB
sayur rebus

ringkasan

  • Pastikan Sayur Baru dan Segar
  • Perhatikan Kapan Memasukkan Sayur
  • Masukkan Sayur ke Air Es
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Sayuran merupakan bahan makanan yang penting untuk kita konsumsi setiap harinya. Sayuran mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat baik buat kesehatan. Namun Sahabat Fimela, ketika mengolah sayur dengan cara yang tidak benar, ini justru bisa mengurangi kadar nutrisi dan vitamin dalam sayuran.

Sayuran yang direbus atau dimasak terlalu lama bisa mengalami perubahan rasa, warna, aroma bahkan nutrisi. Lantas, bagaimana cara memasak sayur dengan benar agar tetap hijau, segar dan nutrisinya melimpah?

Berikut cara praktis memasak sayur agar tetap hijau, segar dan sehat.

Cara Memasak Sayur

sayur rebus
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Pastikan Sayur Baru dan Segar

Cara pertama yang harus diperhatikan adalah kita harus memastikan sayuran yang hendak dimasak baru dan segar. Sayur yang baru dan segar kualitasnya masih baik. Sayur segar sebaiknya tidak disimpan di lemari es lebih dari dua hari agar kualitasnya tetap baik dan tetap hijau setelah direbus atau dimasak.

Perhatikan Kapan Memasukkan Sayur

Sebaiknya memasukkan sayur saat air untuk merebus sayur sudah mendidih. Segera aduk-aduk sayur bersama air. Gunakan api besar untuk merebus sayur ini agar sayur cepat matang. Jika sayur sudah layu dan matang, segera angkat sayur.

Taburkan Garam

Taburkan atau tambahkan garam ke dalam air rebusan sayur. Selain membuat sayur tetap hijau, garam juga berfungsi membuat sayur lebih lemas atau lembut. Garam juga berfungsi memberi rasa yang lebih gurih ke sayur.

Masukkan Sayur ke Air Es

Masukkan sayur ke dalam air es agar sayur tetap hijau dan segar setelah direbus. Air es juga berfungsi membuat sayur cepat dingin dan bisa segera disantap bersama ikan goreng, sambal atau sayur pedas.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan saat merebus sayur agar sayur tetap hijau dan segar. Cara yang sangat mudah bukan? Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓