Ini 7 Tandanya Kamu Membesarkan Anak Menjadi Orang Baik

Annissa Wulan20 Jul 2019, 13:00 WIB
Anak Autisme

Fimela.com, Jakarta Membesarkan anak bukan tugas yang mudah, sedangkan membesarkan anak menjadi orang baik adalah impian semua orangtua. Namun, ternyata membesarkan anak menjadi orang baik memiliki tanda-tanda tersendiri, seperti dilansir dari sheknows.com, Sabtu (20/7/2019), penasaran seperti apa?

1. Anakmu inklusif atau berbaur

Jika anakmu sering berinisiatif mengundang anak lain untuk makan di rumah bersamanya atau sekedar menghabiskan waktu bermain dengan anak-anak lain dari berbagai lapisan masyarakat, ini berarti ia mau berbaur atau melibatkan semua orang. Praktik inklusif membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Anakmu peduli terhadap lingkungan

Contohnya sederhana, jika anakmu mengambil sampah dan membuangnya di tempat yang tepat, ini berarti ia peduli terhadap lingkungan. Hal ini jelas menunjukkan bahwa ia ingin dunia menjadi tempat yang lebih bersih dan lebih baik secara keseluruhan.

3. Anakmu terbiasa mengatakan tolong dan terima kasih

Dua kata ini jika sering diucapkan oleh anak, tanpa perlu diingatkan adalah tanda bahwa ia tumbuh menjadi orang baik. Ia mengerti bagaimana bersikap sopan dan menunjukkan rasa hormat pada orang lain.

 

 

Anak bersih-bersih tanpa disuruh dan menjadi pendengar yang baik

anak
ilustrasi anak makan es/copyright Pexels/bruce Iam

4. Anakmu melakukan bersih-bersih tanpa harus disuruh

Jika seorang anak bertanggung jawab terhadap apa yang sudah ia lakukan, seperti mencuci piringnya sendiri setelah makan berarti ia tumbuh menjadi pribadi yang peduli. Secara tidak langsung, ia membantu orang lain untuk melakukan hal yang sama.

5. Anakmu mendengarkan dengan baik

Seorang anak adalah pendengar yang aktif? Ini bisa menjadi tanda bahwa ia sedang tumbuh menjadi pribadi yang berempati, berusaha memahami bahwa percakapan seharusnya berjalan dua arah.

Anak berbagi dengan orang lain dan memberikan nasihat yang baik

sarapan
ilustrasi anak sarapan/copyright Shutterstock

6. Anakmu berbagi dengan orang lain

Jika anak selalu berusaha berbagi dengan orang lain atau saudaranya, ini adalah tanda positif lainnya ia akan tumbuh menjadi orang baik. Ia peduli kepada orang lain dan tidak bersikap serakah.

7. Anakmu memberi nasihat yang bagus

Ketika mengalami masa sulit, anak menawarkan saran yang membuatmu terkejut mungkin merupakan pertanda bahwa ia tumbuh menjadi orang bijak. Ia bisa membuat keputusan yang baik untuk dirinya sendiri dan peduli untuk membantu orang lain.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓