4 Rahasia Menerapkan Waktu Tidur untuk Anak

Annissa Wulan29 Jul 2019, 13:00 WIB
Anak Tidur

Fimela.com, Jakarta Tidur bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi orangtua yang memiliki anak kecil di dalam keluarganya, setuju? Memang tidak mudah menerapkan suatu kebiasaan pada anak, termasuk tentang waktu tidur.

Menerapkan waktu tidur untuk anak sebaiknya dimulai sejak dini, ketika usia mereka 0 sampai dengan 6 tahun, usia di mana mereka sedang banyak menyerap informasi dari lingkungan sekitarnya. Dilansir dari sheknows.com, Sabtu (27/7/2019), berikut ini adalah beberapa rahasia untuk menerapkan waktu tidur bagi anak.

1. Biarkan anak memilih kegiatan pengantar tidur favorit mereka

Libatkan anak dalam pengambilan keputusan, sehingga waktu tidur tidak akan terasa seperti perjuangan. Beri anak pilihan dalam prosesnya juga.

Jadi kamar tidur anak sebagai tempat perlindungan yang aman dan damai. Beberapa hadiah seperti cerita tambahan atau waktu yang lebih lama untuk berpelukan sebelum tidur juga bisa menumbuhkan perilaku positif.

2. Ciptakan suasana bahagia di kamar tidur

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa melihat gambar seseorang yang dicintai atau suatu pengalaman yang pernah dinikmati akan dapat merepresentasikan emosi positif yang sama di otak ketika mengalami hal tersebut secara langsung. Gambar, foto, atau kata-kata di dinding kamar tidur memberikan penguatan visual akan dukungan dan cinta, serta membantu anak tidur dengan tenang.

 

Membantu anak mengembangkan kemampuan tidurnya

Anak tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

3. Bantu anak untuk mengembangkan kemampuan tidurnya sendiri

Membantu anak mengembangkan kemampuannya untuk tidur juga bisa membantunya tetap tenang dalam mengelola emosi menantang sepanjang hari. Setiap sebelum tidur, minta anak untuk menutup matanya dan memvisualisasikan tempat-tempat favoritnya.

4. Jangan menaruh layar apapun di dalam kamar tidur

Sebuah penelitian menemukan bahwa terlalu banyak waktu menonton film dapat mempengaruhi otak anak dan membantu kegiatan bermanfaat lainnya yang justru dapat meningkatkan kesejahteraannya. Layar dan alat elektronik jelas ancaman untuk tidur nyenyak bagi anak.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓