3 Hal Penting yang Perlu Dilakukan bila Kebanyakan Mengonsumsi Kafein

Endah Wijayanti20 Jul 2019, 12:15 WIB
minum kopi

ringkasan

  • Minum Banyak Air Putih
  • Lakukan Olahraga Ringan
  • Mengonsumsi Makanan Kaya Kalium atau Magnesium
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ada yang belum bisa memulai hari bila belum minum kopi? Masih sering ketergantungan pada kafein untuk tetap bersemangat menjalani hari? Masing-masing dari kita memang punya toleransi berbeda pada kafein yang masuk ke dalam tubuh. Tapi tetap saja mengonsumsi kafein berlebihan bisa cukup problematik.

Menurut United States Department of Agriculture, seperti yang dikutip dari timesofindia.indiatimes.com, kita sebaiknya tak mengonsumsi kafein lebih dari 400 mg per hari. Setidaknya bila tak ingin mendapatkan efek negatifnya, konsumsi kafein perlu dibatasi secukupnya. Tapi kadang saat kita sulit mengendalikan diri, konsumsi kafein malah susah dikontrol dan berlebihan. Bila kita sudah kebanyakan mengonsumsi kafein, penting untuk melakukan beberapa hal untuk mengembalikan kondisi tubuh dengan baik.

1. Minum Banyak Air Putih

Segera ambil segelas air putih dan teguk sampai habis. Air bisa bantu mengeluarkan kelebihan kafein dari dalam tubuh. Selain itu, gejala atau efek negatif konsumsi kafein berlebihan juga bisa diatasi dengan lebih efektif.

2. Lakukan Olahraga Ringan

Agar proses metabolisme tubuh lebih lancar terhadap kafein yang masuk ke dalam tubuh, kita bisa melakukan olahraga ringan. Olahraga seperti jalan kaki, melakukan gerakan yoga dasar, atau sekadar naik turun tangga bisa dilakukan.

3. Mengonsumsi Makanan Kaya Kalium atau Magnesium

Saat kita kebanyakan mengonsumsi kafein, efeknya kandungan kalium dan magnesium dalam tubuh akan turun. Hal tersebut lah yang terkadang membuat tangan kita gemetar bila kebanyakan minum kopi. Untuk mengatasinya, kita bisa mengonsumsi makanan yang kaya kalium, seperti buah pisang.

Bila dikonsumsi dalam kadar cukup, kafein bisa memberi manfaat untuk tubuh. Tapi kalau berlebihan, nantinya malah akan berdampak negatif dan malah bisa mengganggu kesehatan.

#GrowFearless with FIMELA