Mengenal Perbedaan Lada, Merica dan Ketumbar

Mimi Rohmitriasih20 Jul 2019, 10:30 WIB
Bumbu dapur

Fimela.com, Jakarta Bagi Sahabat Fimela yang suka memasak, hal paling mendasar yang harus dikuasai untuk memasak masakan yang enak adalah mengetahui aneka bumbu dapur. Memasak tapi tidak mengetahui bumbu dapur bisa membuat masakan memiliki rasa yang berantakan.

Ada beberapa bumbu masak yang memiliki bentuk mirip satu sama lain. Jika kita tidak jeli, tentunya hal ini akan membuat masakan kita jadi berantakan rasanya. Nggak lucu kan kalau memasak gorengan tetapi bukannya ketumbar yang dijadikan bumbu melainkan merica?

Kali ini Fimela akan mengajak Sahabat semua mengetahui perbedaan ketumbar dan merica atau lada. Sekilas, kedua bumbu dapur ini memiliki bentuk yang nyaris sama. Meski nyaris sama, keduanya adalah bumbu dengan rasa dan fungsi berbeda.

Merica atau Lada

Bumbu dapur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Merica kadang juga disebut sebagai lada. Merica memiliki bentuk bulat dengan tekstur yang sedikit keras. Merica berwarna putih maupun hitam dan aromanya cukup menyengat. Merica atau lada memiliki rasa yang pedas.

Biasanya, bumbu dapur ini dimanfaatkan untuk membuat masakan seperti sayur sop, tumis dan masakan lain dengan cita rasa kuat. Merica yang sudah dihaluskan atau berbentuk bubuk disebut sebagai lada. Jadi, merica dan lada adalah dua bumbu dapur yang sama ya. Perbedaannya adalah merica bumbu yang masih utuh sedangkan lada adalah merica yang telah dihaluskan.

Ketumbar

Bumbu Dapur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ketumbar memiliki bentuk bulat dengan warna kuning keemasan. Dibandingkan merica, butiran ketumbar lebih kecil dan teksturnya lebih lembut atau gampang retak karena bagian tengahnya kosong. Ketumbar biasanya digunakan untuk bumbu masakan ringan seperti tempe goreng, tahu goreng, ikan goreng, ayam goreng dan masakan goreng lainnya.

Ketumbar juga digunakan untuk penguat rasa dalam masakan. Ketumbar memiliki aroma ringan yang khas. Rasa ketumbar sendiri tidak sepedas merica.

Itulah perbedaan merica atau lada dan ketumbar. Jangan sampai salah membedakan kedua bumbu dapur tersebut lagi ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓