Olahraga Jalan Kaki untuk Membakar Lemak, Simak 4 Tips Melakukannya

Endah Wijayanti20 Jul 2019, 15:15 WIB
olahraga jalan kaki

ringkasan

  • Jalan Kaki Pemanasan Selama 5-10 Menit
  • Jalan Kaki Lebih Cepat selama 45 Menit
  • Interval Training
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang bagus untuk membakar lemak. Secara khusus, olahraga jalan kaki bisa bantu membakar lemak perut dan lemak viseral (lemak yang ditemukan dalam rongga perut). Agar bisa mengoptimalkan proses pembakaran lemak melalui olahraga jalan kaki, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Seperti yang dilansir dari verywellfit.com, ada kunci untuk membakar lemak saat jalan kaki. Pertama, kita perlu berjalan cukup cepat untuk meningkatkan detak jantung agar bisa memaksimalkan proses pembakaran lemak untuk energi. Kedua, kita perlu berjalan jauh untuk membakar lemak yang menumpuk di tubuh dan bukan sekadar membakar gula dalam tubuh. Berikut empat tips yang bisa dicoba untuk memaksimalkan olahraga jalan kaki demi pembakaran lemak yang lebih optimal.

1. Jalan Kaki Pemanasan Selama 5-10 Menit

Mulai dengan jalan kaki santai selama 5-10 menit. Kita bisa menggunakan treadmill atau jalan kaki di ruang terbuka. Selama 5-10 menit, kita perlu mengondisikan tubuh dan meningkatkan detak jantung secara bertahan.

2. Jalan Kaki Lebih Cepat selama 45 Menit

Selama 45 menit jaga kecepatan jalan untuk lebih cepat. Pemula bisa melakukan olahraga jalan kaki selama 15 menit untuk membiasakan diri. Lakukan sebanyak lima kali semimggu untuk mendapatkan ritme yang tepat saat jalan kaki. Setelah itu secara bertahap bisa tambah waktunya sebanyak 5 menit per sesi setiap minggu.

 

3. Interval Training

Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)
Ilustrasi.(iStock)

Seperti yang dilansir dari livestrong.com, kita bisa menggunakan interval training untuk mengoptimalkan hasil dari olahraga jalan kaki. Dengan latihan interval, kita bisa membakar lemak punggung dan lemak perut lebih cepat. Caranya bisa dimulai dengan jalan pelan selama satu menit lalu jalan cepat selama 30 detik. Latihan interval ini merupakan latihan yang dilakukan dengan memberi variasi pada intensitas olahraga.

4. Akhiri dengan 5-10 Menit Jalan Santai

Selama 5-10 menit terakhir sesi olahraga jalan kaki yang kita lakukan, lakukan gerakan yang lebih pelan dan santai. Banyaknya kalori yang dibakar saat jalan kaki tergantung pada jarak tempuh kita berjalan dan berat badan kita.

Secara umum butuh waktu 60 menit setiap kali sesi olahraga jalan kaki untuk mengoptimalkan proses pembakaran lemak tubuh. Tapi bila masih kesulitan melakukannya, kita bisa coba luangkan waktu 15 menit jalan kaki untuk menjaga kebugaran tubuh.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓