Sukses

Lifestyle

Agar Nasi Goreng Tidak Terlalu Berminyak, Simak 4 Tipsnya

ringkasan

  • Gunakan Wajan dari Besi Tempa yang Tebal
  • Tambahkan Bahan-Bahan yang Teksturnya Kering
  • Gunakan Api Besar

Fimela.com, Jakarta Nasi goreng paling pas disantap selagi hangat. Tapi bila teksturnya terlalu berminyak, rasanya jadi kurang sempurna. Nasi goreng yang terlalu berminyak akan kurang nikmat saat disantap.

Agar nasi goreng tidak terlalu berminyak, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Penggunaan minyak goreng perlu diperhatikan dalam pembuatan nasi goreng. Tak hanya soal penggunaan minyak, hal-hal ini juga perlu diperhatikan dalam pembuatan nasi goreng yang lezat tanpa minyak yang berlebih.

1. Gunakan Wajan dari Besi Tempa yang Tebal

Wajan dari besi tempat yang tebal bisa membuat nasi goreng matang merata. Nasi goreng yang dimasakn tidak akan mudah menggumpal. Minyak yang digunakan juga bisa tercampur lebih rata dan memudahkan kita membuat takaran minyak yang pas dalam pembuatannya.

2. Tambahkan Bahan-Bahan yang Teksturnya Kering

Jika akan menggunakan sayuran, pastikan sudah benar-benar tiris. Daging dan sosis yang digunakan juga sebaiknya tidak terlalu basah atau berminyak. Jika menggunakan telur, kita bisa memasukkan telur setelah bumbu ditumis agar serapan minyaknya bisa lebih sempurna.

3. Gunakan Api Besar

Bila melihat abang-abang penjual nasi goreng keliling, kita sering menjumpai proses memasak nasi goreng dengan api besar. Nasi goreng bisa cepat matang dengan tekstur yang pas saat kita menggunakan api yang cenderung besar. Tapi bila kita khawatir nasi akan cepat gosong, kita bisa memanaskan wajan terlebih dahulu baru menumis bumbu nasi goreng. 

4. Gunakan Mentega

Kita bisa mengganti minyak sayur dengan mentega untuk menumis bumbu nasi goreng. Penggunaan mentega bisa membantu mencegah nasi goreng agar tidak terlalu berminyak. Hanya mungkin rasanya memang akan jadi lebih gurih dan agak pekat bila menggunakan mentega. 

Tips-tips di atas adalah hal-hal dasar yang bisa kita ikuti dalam membuat nasi goreng agar tidak terlalu berminyak. Apakah Sahabat Fimela punya tips lain yang lebih efektif? Bila punya, boleh lho bagi infonya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading