Atasi Sariawan dengan 3 Cara Alami Berikut Ini

fitriandiani30 Jul 2019, 08:00 WIB
Sariawan (iStockphoto)

Fimela.com, Jakarta Salah satu penyakit di area mulut yang umum timbul adalah sariawan. Biasanya sariawan muncul di bibir, dinding mulut, maupun gusi. Sariawan berupa luka kecil baik berisi nanah putih maupun tidak.

Ada berbagai faktor penyebab sariawan. Memang bisa ada turut campur genetik pada sariawan yang dirasakan seseorang secara berulang dan dengan tingkat keparahan cukup tinggi, dan kasus seperti ini perlu dikonsultasikan langsung oleh ahlinya agar mendapat penanganan tepat.

Jika sariawan muncuk karena tidak sengata tergigit, alergi, stres, atau panas dalam; kamu bisa atasi sariawan dengan cara mudah berikut ini di rumah. Ikuti, ya!

1. Kompres dengan kantung teh bekas

Kantung teh celup yang habis digunakan bisa dimanfaatkan untuk menangani sariawan. Caranya, kompres bagian sariawan dengan kantung teh bekas selama kurang lebih 5 menit. Daun teh bisa melawan infeksi dan peradangan yang disebabkan sariawan tersebut.

2. Oles minyak kelapa

Sariawan
ilustrasi sariawan. (Foto: pexels.com)

Manfaatkan kandungan antibakteri dan antiinflamasi dalam minyak kelapa untuk mengurangi nyeri dan kemerahan pada sariawan. Oleskan minyak kelapa secukupnya ke bagian mulut yang bersariawan.

3. Kumur air garam

Larutan garam terbukti bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat sariawan, tapi memang cara yang satu ini cukup ekstrem karena sakitnya luar biasa. Tapi demi sariawan sembuh, tidak ada salahnya dicoba!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓